oleh

Aktivitas Penambang Pasir Masih Marak Beroperasi Meski Tak Memiliki Izin

-Berita-942 views
Media Sosial

BARRU POS–Aktivitas penambang pasir di wilayah Kecamatan Tanete Riaja masih marak beroparesi meski belum kantongi izin. Sabtu 28 September 2019.

Satu titik lokasi galian C berupa tambang pasir sungai di Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Kelurahan lompo Riaja, berlokasi Lingkungan Ralla/Maninring nekat beroperasi meski belum mengantongi izin.

Terkait tambang pasir yang berada di Linkungan Ralla/Maninring. Lurah Lompo Riaja mengatakan ke awak media Drs. SYARIFUDDIN. T. Saat di temui di halaman kantor lurah tadi pagi tentang adanya tambang di Kelurahan Tanete Riaja Lingkungan Ralla. Kami selaku Lurah di sini kami tidak pernah memberikan izin yang namanya tambang karna itu bukan wewenang kami mengeluarkan izin tambang karna itu sangat berbahaya bagi masyarakat Ralla jelasnya.

Inforamasi yang berhasil dihimpun di Lingkungan Ralla terdapat satu titik penambangan berdekatan dalam beberapa rumah warga di pinggir sungai . Informasi itu menyebutkan, hanya satu titik yang masih beroperasi.

Menurut warga sekitar, yang tidak mau menyebutkan namanya, penambangan tersebut milik orang dari Pangkep yang berlokasi Ralla/maninring. sudah pulahan truk keluar setiap hari berlalu lalang mengangkut pasir dari maninring Kelurahan Lompo Riaja tersebut.

Berdasarkan hal tersebut setiap orang yang akan melakukan kegiatan pertambangan aturan mainnya wajib meminta izin lebih dahulu dari negara/pemerintah.

Apabila terjadi kegiatan penambangan pelakunya tidak memiliki izin, maka perbuatannya merupakan tindak pidana yang diatur dalam Pasal 158 UU No 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara yang berbunyi “Setiap orang yang melakukan usaha penambangan tanpa IUP, IPR atau IUPK sebagaimana dimaksud dalam Pasal 37, Pasal 40 ayat (3), Pasal 48, Pasal 67 ayat (1), Pasal 74 ayat (1) atau (5) dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp.10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah).

Baca Juga:  Insya Allah Akan di Gelar Peresmian Masjid Padang Pobbo

Melalui media ini, berharap ada tindakan tegas dan proses hukum dari instansi terkait dalam hal ini pihak kepolisian berdasarkan aturan yang berlaku di Indonesia.

Reporter : Sudirman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed