oleh

24 Mahasiswa Kalla Business School Latihan Bela Negara di Yonkav-10/Mendagiri

-BarruPos

BARRU POS,MAKKASAR– Kalla Business School menggelar latihan bela negara bagi mahasiswa baru angkatan pertama. Sejumlah 24 mahasiswa dari empat program studi mengikuti kegiatan tersebut yang digelar selama tiga hari dan dua malam di pangkalan militer Yonif Kavaleri-10/Mendagiri Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 21 Makassar, (6-8/10/2019).

Latihan bela negara tersebut masih merupakan rangkaian penyambutan mahasiswa baru Kalla Business School. Latihan bela negara itu juga merupakan program wajib bagi mahasiswa karena kelulusan latihan bela negara akan menjadi prasyarat sidang skripsi.

Beberapa materi dipahamkan kepada peserta bela negara, di antaranya Pelatihan Baris-Berbaris (PBB), Permainan Kerjasama, Joy Ride, Pengenalan Alutsista, hingga Renungan Suci. Tujuannya adalah untuk melatih kemampuan, kekompakan, ketelitian, kedisiplinan sehingga memiliki mental yang baik untuk turut serta dalam mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pembukaan diawali dengan penyerahan nama peserta kepada pembina, dihadiri rektor dan sejumlah dosen Kalla Business School. Ketua Panitia Anhar Januar Malik, S.E., M.Sc. menjelaskan, pelaksanaan latihan bela negara tersebut adalah untuk membangun rasa kebersamaan, kedisiplinan dan kesetiaan pada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Ada beberapa nilai yang ingin kita tanamkan, yang pertama kebersamaan, kedua kedisiplinan, ketiga rasa cinta dan setia pada NKRI, kita lihat saat ini rasa nasionalisme itu terlalu mudah goyah, itulah sebabnya latihan bela negara menjadi pilihan” ungkap pria yang akrab disapa Aan itu.

“Kita juga berharap setelah selesai pelatihan ini apa yang mereka dapatkan dapat mereka bawa ke kampus dan menjadi kebiasaan-kebiasaan yang baik terutama kedisiplinan” sambungnya.

Baca Juga  Rektor UMMA Wujudkan Kampus Visioner
Baca Juga  PKB Barru Akan Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati

Selain itu, peserta juga dibekali pemahaman wawasan kebangsaan yang bertujuan membangun kesadaran diri sebagai warga dari suatu negara akan diri dan lingkungannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“ada wawasan kebangsaan, itu untuk membangun kesadaran peserta dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, jadi tidak hanya disiplin saja, mereka harus menyadari bahwa mereka hidup di tanah NKRI” ujar Koordinator Pelatihan Bela Negara, Serma Harianto.

Berdasarkan rundown acara, latihan bela negara bagi mahasiswa Kalla Busines School akan berakhir hari ini, Selasa (8/9/2019), Penutupan dijadwalkan pukul 11.00 dan akan dihadiri rektor Kalla Busines School.

Pewarta: Sukri Muhammad
Reporter : Mudaksir Anci

Komentar

News Feed