oleh

Forum LSM Kabupaten Barru, LSM Tak Terdaftar di Kesbangpol Harus Ditertibkan

-Barrunews-1.623 views
Media Sosial

Foto : Sejumlah Anggota Forum LSM Kabupaten Barru foto bersama usai rapat bersama.

Barru Pos-Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang ada di Barru ternyata masih ada yang belum terdaftar di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Barru.

Bahkan dari 12 LSM yang ada di Barru, masih ada LSM dari luar wilayah Barru yang masuk di Barru berkeliara meminta data di Desa maupun di Kelurahan padahal belum terdaftar di Kesbangpol Barru.

Hal ini membuat Hasan Rasy, menyayangkan terkait adanya LSM yang minta data di Kantor Desa, padahal LSM tersebut belum jelas, “kata Ketua Forum LSM Kabupaten Hasan Rasy, Rabu (13/02/2019) siang.

Lebih lanjut Hasan Rasy, berharap kepada LSM tak mengantongi izin dari Kementrian Hukum dan Ham, dan belum melaporkannya ke Kesbangpol Barru, segera daftarkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) kalau tidak kita akan melakukan langkah selanjutnya dengan melaporkan di polisi agar ditertibkan, ” imbuhnya.

Pihaknya menghimbau kepada para LSM untuk mengurus SKTnya ke Kesbangpol, sehingga pihaknya mengetahui berapa sebenarnya jumlah LSM yang resmi di Barru berikut lokasi kantornya.

“Jadi kalau ada apa-apa kita tau, bahwa ormas ini terdaftar di Kesbangpol dan alamat kantornya juga jelas,” katanya.

Tidak hanya itu, SKT bagi LSM juga sangat diperlukan, sebab LSM yang tidak memiliki SKT maka tidak bisa mengajukan bantuan ke pemerintah daerah. Sebab syarat untuk meminta bantuan ke pemerintah daerah harus ada SKTnya.

“Kalau tidak ada SKTnya tidak bisa pemerintah daerah memberikan bantuan. Makanya kami minta segera diurus. Jangan nanti pas lagi butuh saja baru diurus,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mengingatkan kepada pengurus LSM yang sudah mengantongi SKT agar kembali mengecek izinya. Sebab SKT hanya berlaku selama empat tahun dan harus diperpanjang. “Setiap empat tahun sekali SKT itu harus diperpanjang,” pungkasnya.

Baca Juga:  Cegah TKI Ilegal, Hasnah Syam Gandeng BP2MI Sosialisasi Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri

(Irfan/chokkas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed