oleh

500 Orang Akan di Rapid Test Secara Massal, Jubir Gugus Bisa Jadi Ada Positif

-Berita-304 views
Media Sosial
Sekretaris Gugus Covid-19 Darwis dan Jubir Dokter Amis, Saat Memberikan Keterangan Pers di Posko Covid-19.(Foto:barrupos.com).

 

BARRU POS– Pemerintah Kabupaten Barru akan melakukan rapid test massal terhadap masyarakat yang ada di daerah ini. Hal tersebut sebagai langkah antisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19 di wilayah Kabupaten Barru.

“Kami akan melakukan rapid test massal, sesuai mapping yang telah dilakukan oleh tim,” ujar Juru bicara Gugus Covid-19 dokter Amis saat memberikan keterangan pers di posko Covid-19 di Jln Sultan Hasanuddin, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Rabu (29/04/2020) sore.

Baca Juga:  Mabes Polri: 29 Teroris Tertangkap, Ancam Ledakan KPU Pada 22 Mei

Rencananya rapid test massal itu berlangsung di pusatkan di Islami Center Barru untuk mencegah penyebaran Covid-19. Terutama Orang Tanpa Gajala (OTG) dan PDP dan ODP.

“Cara pengambilan sampel rapid sesuai dengan protokol yang dikeluarkan dinas kesehatan, jadi tidak asal-asalan. Perlu APD yang standar lalu tenaga medisnya juga kita bekali cara melakukan rapid test,” jelasnya.

Baca Juga:  Pengurus DPP PKB Silaturahim Dengan DPC PKB Barru

“Jika nantinya hasil dari test rapid positif, bukan berarti pasien dikatakan positif COVID-19. Tapi akan ada lagi tes berikutnya yakni dengan menggunakan metode PCR. Metode PCR ini memang lebih akurat dalam pemeriksaan corona nantinya rapid test hanya membutuhkan waktu 15 minit saja langsung bisa di ketahui,” katanya.

“Kalau itu dilakukan, paling tidak kita bisa mengetahui atau identifikasi awal penyebaran Covid-19,” kata dokter Amis.

Langkah itu sebagai upaya agar bisa mengantisipasi dini, terutama bagi yang nantinya hasil rapid test reaktif, maka akan langsung diisolasi baik secara mandiri maupun di Klinik Covid-19 yang sudah disiapkan pemerintah Kabupaten Barru.

Foto: Wartawan dan LSM Saat Hadir di Posko Covid-19.
Baca Juga:  Bupati Suardi Saleh Dukung Sensus Penduduk 2020

Saat ini, sudah ada alat rapid test 500 dari bantuan Anggota DPR RI dokter Hasnah Syam, MARS dari Komisi IX rencananya akan digunakan untuk me-rapid test masyarakat secara masal.” tutupnya dokter Amis.

Tim: barrupos.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed