oleh

Aktivitas Tambang di Duga Tak Memiliki Izin Dokumen

-Hukum-1.378 views
Media Sosial

Barru Pos—Kegiatan penambambangan pasir di sungai terus berlanjut, pada hal aktifitas penambangan ini di duga tak memiliki izin dan dokumen yang jelas.

Penambambangan pasir di sungai JambaE, Dusun Kaerengnge, Desa Palakka, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, di duga tidak mengantongi ijin namun terus beraktifitas setiap hari bahkan sampai malam, dan itu berlangsung sekitar satu bulan lalu,” kata Iskandar salah satu warga yang bermukim tidak jauh dari lokasi penambangan.

Kepala Desa Palakka Bahtiar, saat di temui, juga menyayangkan tidak adanya pemberitahuan pihak atau pelaku penambambangan pasir di wilayahnya, bahkan aktifas truck besar pengangkut pasir dari sungai mengakibatkan jalan berlubang dan rusak parah.” katanya Kades Palakka.

Kondisi ini membuat pengguna jalan yang melintasi wilayah ini mengeluh, dengan aktifitas truck bermuatan 30 ton yang setiap hari mengangkut pasir,” jelasnya.

Hal yang sama juga terjadi di dusun cempaE Desa Libureng Kecamatan Tanete Riaja, penambangan pasir di sungai dengan menggunakan mesin pompa juga terjadi,bahkan sudah berlangsung dua bulan,dan di duga tidak memiliki ijin,namun aktifas penambangan terus di lakukan.

Pemilik mesin pompa Irwan, mengaku setiap hari delapan sampai sepuluh mobil truck memuat pasir dari hasil tambangnya atau tergantung dari pesanan dengan harga 250 ribu per truck jelasnya.

Sementara Kepala Desa Libureng H.Ikbal Basri, sangat menyayangkan adanya penambangan pasir di sungai CempaE yang bisa mengakibatkan terkikisnya bibir sungai,dan bahaya banjir pada musim penghujan.Olehnya itu pihak yang terkait ada perhatian,” jelasnya Kades Libureng Haji Ikbal.

Reporter : Sudirman

Baca Juga:  Tolak Remisi Pembunuh Jurnalis LSM dan Wartawan Barru Gelar Aksi Damai

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed