oleh

Angka Kemiskinan di Barru Menurun, 0,67 Persen Begini Penjelasan BPS

-BarruPos

Barru Pos – Berdasarkan data  dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018 sampai dengan saat ini menunjukkan bahwa tingkat kemiskinan di Barru mengalami penurunan.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Pusat Statistik Barru Suswanto, saat ditemui di kantornya, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Selasa (20/08/2019), mengatakan yang di lihat adalah persentase penduduk miskin. (P0), tahun 2017= 9,71 sedangkan untuk 2018=9,04. Turun sekitar 0,67 persen.

Sedangkan untuk tingkat kedalaman kemiskinan Barru (P1) sebesar 1,58. Indeks kedalaman kemiskinan merupakan ukuran rata-rata kesenjangan pengeluaran masing-masing penduduk miskin terhadap garis kemiskinan.

Baca Juga  Desa Harapan Barru Boyong 3 Piala Acara Jambore Kader Dasawisma
Baca Juga  Presiden Jokowi Tolak Empat Usulan Revisi UU KPK oleh DPR

Sedangkan untuk indeks keparahan kemiskinan (P2) Barru mencapai 0,37. Indeks ini memberikan gambaran tentang penyebaran pengeluaran diantara penduduk miskin. Kedua indeks ini harus menggunakan analisa spasial ketergantungan dengan penduduk sekitar dan tidak bisa dilihat sebatas angka.

Penurunan persentase kemiskinan ini sejalan dengan pembangunan manusia. Dimana Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Barru terus mengalami perbaikan dari tahun ke tahun.

Angka pengangguran di Barru juga terus menurun. Tingkat pengangguran Barru pada 2018 sebesar 5,38 persen, lebih rendah dari tahun sebelumnya yang berada di kisaran 5,60 persen.

Ekonomi Barru juga kian melesat. BPS mencatat pertumbuhan ekonomi Barru mencapai 7,08 persen pada tahun 2018. Tumbuh lebih cepat dibandingkan capain periode sebelumnya yang hanya sebesar 6,48 persen.

Hal ini menunjukkan pembangunan dibawah kepemimpinan Bupati Barru Suardi Saleh, saat ini berdampak baik, sehingga menunjukkan jika terdapat peningkatan taraf hidup masyarakat Barru, selain hadirnya Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kwalitas pembangunan khususnya pada aspek pembangunan ekonomi, pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Tim: Redaksi Barrupos.com

Komentar

News Feed