oleh

Bawaslu Sulsel Siap Proses Dugaan Mobilisasi ASN di Kegiatan Kampanye Terbuka Capres Nomor 01

-Sulsel-9.264 views
Media Sosial

Barru Pos, Sulsel–Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Selatan menyatakan siap memproses adanya dugaan indikasi mobilisasi Aparatur Sipil Negara (ASN) di kegiatan kampanye terbuka capres nomor 01, Joko Widodo, di Lapangan Karebosi, Kota Makassar, Ahad (31/3/2019).

“Apabila ada temuan di lapangan, silakan dilaporkan, pasti kami akan proses,” kata Saiful Jihad, salah seorang komisioner Bawaslu Sulsel, saat dihubungi Wartawan.

Dia memastikan bahwa sampai saat ini belum ada aduan maupun temuan yang disampaikan tim Bawaslu.

Saiful menyebut, dalam kampanye siang tadi, sejumlah anggota Bawaslu dikerahkan untuk melakukan pemantauan mengenai gerak-gerik kandidat beserta dengan tim suksesnya.

Dia menegaskan, ASN dilarang keras berpolitik.

“Jadi, mau libur, ASN harus netral. Tidak boleh berkampanye. Kalau ada temuan, pasti kami tindak. Pasal 280 ayat 2 jelas melarang ASN berkampanye,” tegas Saiful.

Sebelum dan sesudah pelaksanaan kampanye Jokowi, cukup banyak informasi yang berseliweran di grup percakapan aplikasi WhatsApp dan akun media sosial Facebook mengenai indikasi adanya dugaan pengerahan atau mobilisasi pegawai ke lokasi kegiatan.

Bahkan, akun Facebook Zakir Sabara Haji Wata misalnya, memperlihatkan sebuah kerumunan orang yang diduga sedang melakukan absensi.

Tak hanya itu, tampak sebuah mobil bus berplat merah pertanda aset pemerintah daerah terparkir di tepi jalanan, tak jauh dari lokasi kampanye, yang dipenuhi bendera partai politik tertentu.

Capres petahana Jokowi menuntaskan agenda kampanye terbukanya di dua lokasi berbeda dari pagi sampai sore tadi, yakni di Lapangan Karebosi Makassar dan di Stadion Kalegowa, Kabupaten Gowa.

Sejumlah tokoh turut serta mendampingi Jokowi, seperti Wapres Jusuf Kalla, dalam kapasitasnya sebagai Dewan Penasihat Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Baca Juga:  Berkunjung ke Polres Sidrap, Kapolda Sulsel Ajak Semua Pihak Jaga Keamanan Pemilu 2019

Sumber: Irfan Gatra.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed