oleh

Bawaslu Barru, Aktifkan Kembali Panwascam dan Panwaslu Desa/Kelurahan

-Berita-178 views
Media Sosial

BARRU POS – KPU RI memulai kembali tahapan Pilkada 2020 dengan protokol COVID-19, dan Bawaslu RI juga kembali mengaktifkan kembali jajaran pengawas pemilunya, pengawas pemilu ad hoc sudah diaktifkan kembali,” kata Ketua Bawaslu Barru Muhammad Nuralim, dalam keterangannya press di Media Center Covid-19, Senin (15/6/2020) sore.

Ia mengungkapkan saat ini Bawaslu Barru sudah mulai melakukan pengawasan terhadap pihak yang diduga melakukan pelanggaran Pilkada, misalnya terkait kampanye di luar jadwal berdasarkan PKPU Nomor 5/2020. Dalam waktu dekat Bawaslu sudah bisa merancang rencana pengawasan.

“Kan sudah bisa merancang ‘rencana pengawasan’. Baik untuk verifikasi pencalonan perseorangan atau pemutakhiran (data) pemilu,” kata Muhammad Nuralim.

Hal itu tertuang dalam surat edaran Bawaslu Nomor 0197/k.Bawaslu/TU.00.01/VI/2020 tentang pengaktifan kembali Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa dalam rangka Pilkada 2020. Bawaslu Kabupaten/kota agar mengaktifkan kembali panwaslu kecamatan dan panwaslu kelurahan/desa sebelum 15 Juni 2020.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengeluarkan tata cara dan tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) saat pandemi virus Corona (COVID). KPU akan melaksanakan pilkada pada 9 Desember 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Pelaksanaan pemungutan suara serentak yang ditunda karena terjadi bencana nonalam Coronavirus Disease 2019 (COVID 19), dilaksanakan pada 9 Desember,” begitu bunyi Pasal 8C Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020 seperti dilihat barrrupos.com.

Baca Juga:  Menuju New Normal, Pemkab Barru Minta Pimpinan OPD Evaluasi Mandiri

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed