oleh

Bawaslu Barru Gelar Rakernis Penyelesaian Sengketa Pemilu 2019

-Pemilu2019-1.388 views
Media Sosial

 

Barru Pos–Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Barru menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) mengenai penyelesaian sengketa Pemilu 2019, di Hotel Bukit Kenari, selama dua hari, 05-06 April 2019. Adapun yang dibahas, terkait tahapan atau mekanisme penyelesaian sengketa antara peserta Pemilu dan penyelenggara, maupun peserta dengan peserta lainnya.

Sesuai Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mendapat mandat tidak hanya mengawasi, mendapat laporan, dan menindak pelanggaran, tetapi juga menyelesaikan sengketa cepat selama proses Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019.

Untuk itu, penting bagi masyarakat maupun pihak terkait, terutama partai politik mengetahui mekanisme penyelesaian sengketa proses Pemilu atau peraturan Pemilu yang lain.

“Jadi ini sebagai langkah kami agar dipahami (masyarakat). Kami membahas bagaimana penyelesaian sengketa, misalnya saat kampanye, atau berkaitan dengan jadwal dan sebagainya,” jelas Ketua Bawaslu Barru Muhammad Nuralim SHi, Sabtu (06/04/2019).

Ia menjelaskan, keputusan Bawaslu bersifat final. Ada tahapan penyelesaian sengketa secara berjenjang di tingkat lebih tinggi. Apabila pihak termohon merasa tidak puas dengan putusan di tingkat kabupaten, maka bisa mengajukan koreksi di tingkat provinsi.” ungkapnya.

“Kami melakukan pemetaan terhadap potensi kerawanan mada setiap tahapan pemilu 2019. Terlebih menjelang masa-masa kritis pada hari pemungutan suara pada 17 April yang tinggal menghitung hari,” ujarnya.

Reporter: Asisz Kane

Baca Juga:  Ketua Tim Pemenangan AIA Barru, Tidak Permasalahkan 10 PSU di Barru

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed