oleh

Bawaslu Barru Imbau Peserta Pemilu Taati Aturan Masa Tenang, Langgar Aturan Terancam Pidana Pemilu

-Pemilu2019-1.570 views
Media Sosial

Barru Pos–Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Barru menghimbau agar peserta pemilu menaati tahapan masa tenang.

Bagi peserta pemilu yang melanggar hal tersebut, akan dikenakan sanksi pidana yang tertuang dalam Peraturan KPU RI No 7 Tahun 2019 Tentang Perubahan ketiga atas Peraturan KPU No 7 Tahun 2017 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019.

Ketua Bawaslu Barru, Nur Alim menegaskan dalam masa tenang ini, hal lain yang harus ditaati peserta pemilu adalah penertiban APK peserta pemilu.

“Apabila tidak ditertibkan sampai batas waktu yang telah ditentukan, yakni sehari sebelum pemungutan suara, maka dikategorikan sebagai pelanggaran pidana pemilu,” sebutnya, Nur Alim saat ditemui di Kantornya Minggu siang (14/04/2019).

Dalam pasal 492 peraturan KPU tersebut berbunyi, setiap orang yang dengan sengaja melakukan Kampanye Pemilu di luar jadwal oleh KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota untuk setiap Peserta Pemilu sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 276 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) tahun dan denda paling banyak Rp.12.000.000,00 (dua belas juta rupiah).

“Sesuai himbauan surat edaran Bawaslu. Mulai hari ini sampai tanggal 16 April kedepan melakukan patroli pengawasan selama masa tenang ini,” tegasnya.

Sebab, pada masa tenang ini semua bentuk Alat peraga kampanye agar diturunkan, serta dibersihkan oleh partai politik dan tim kampanye pilpres, termasuk yang terpasang di Sekretariat parpol dan sekretariat Tim kampanye pilpres.

“Kita himbau peserta pemilu menaati aturan tersebut, sehingga proses pemilu dapat berlangsung dengan aman, tertib dan berkualitas,” sebutnya

Reporter: Asiz Kane

Baca Juga:  Ratusan Banner Bergambar Jokowi di Barru Dicopot Satpol PP

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed