oleh

Berkat Inovasi Luar Biasa, Desa Pacekke Raih Juara I Desa Terbaik Tingkat Nasional

-Berita-900 views
Media Sosial

BARRU POS – Berkat Inovasi dalam mengolah air embung menjadi kebutuhan air bagi petani, di Desa Pacekke, Kecamatan Soppeng Riaja, Kabupaten Barru berhasil meraih Juara I desa terbaik tingkat nasional Inovasi Desa Tahun 2019.

Penghargaan langsung diserahkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Abdul Halim Iskandar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, kepada Bupati Barru Suardi Saleh, di Hotel Merlyn Park Jakarta Pusat Senin (25/11/2019) siang.

Sebelumnya diberitakan Kepala Desa Paccekke Muhammad, Dahlan, Sulap embung, menjadi destinasi wisata yang terletak di Desa Paccekke, Kecamatan Soppeng, Riaja, Kabupaten Barru, kini sudah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Barru.

Program inovasi desa, embung ini mulai dibangun dan di fungsikan pada tahun 2019 menggunakan dana Desa dan merupakan embung terbaik di tingkat Nasional,” ungkap Kades Paccekke, Muhammad Dahlan, saat ditemui Kantor Bupati pada Jumat (14/11/2019) lalu.

“Menurut Muhammad Dahlan sejak embung paccekke, menjadi Dinastiwisata sudah banyak di kunjungi masyarakat karena pembangunan embung sudah ditata sedemikian rupa.

Sehingga selain bermanfaat untuk petani sebagai penampung air untuk mengairi sawah di musim kemarau, juga dimanfaatkan sebagai destinasi wisata alam yang menyajikan suasana yang sangat indah dikelilingi pemandangan pegunungan dan hamparan sawah,” paparnya.

Desa Pacekke keluar sebagai pemenang bersama dengan atas piagam penghargaan dalam dukungan program Inovasi Desa dari kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Menyikapi penerimaan penghargaan itu, Kades Pacekke Dahlan yang dihubungi via telepon, disaat di Jakarta bersama Bupati Barru Suardi Saleh, mengucapkan apresiasi kepada semua pihak khususnya kepada warga setempat dan Pemkab Barru yang telah berhasil memanfaatkan dana desa untuk menjalankan program prioritas guna memenuhi kebutuhan dasar masyarakat bagi petani setempat.

Baca Juga:  Forum Anak Desa Siddo Melakukan Penggalangan Dana

“Ini merupakan inivasi yang kreatif yang sangat berguna bagi masyarakat khususnya warga Desa Pacekke” ucap Kades Pacekke, Dahlan.

“Semoga prestasi yang diraih Desa Pacekke mampu memotivasi desa lainnya untuk bisa mengikuti dan mengambangkannya lagi menjadi lebih baik,” ungkapnya Dahlan.

Kegiatan ini dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) . Budi Arie dan Bupati Barru Suardi Saleh.

Tim: Redaksi barrupos.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed