oleh

Bupati Barru Hadiri Mappalili di Larumpia Kelurahan Mangempang Barru.

Media Sosial

Barrupos | Barru – Mappalili atau palili adalah upacara adat yang diadakan setiap satu kali setahun. Ketika telah memasuki musim tanam padi, masyarakat Larumpia Kelurahan Mangempang Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan akan menjalani upacara tersebut.

Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si kembali menghadiri acara Mappalili di Larumpia kelurahan Mangempang kecamatan Barru, Senin 18/10/2021.

Bupati Barru dalam kesempatan itu mengatakan, acara Mappaiili merupakan acara yang sudah dilakukan secara turun temurun masyarakat Bugis Makassar setiap akan memulai turun sawah pada setiap Musim Tanam.

Dirinya berharap agar acara Mappalili ini dijadikan wadah urung rembuk untuk menyepakati penentuan turun sawah pemilihan jenis benih, jadwal tanam hingga jadwal panen dengan tetap bersinergi dengan pemerintah dan stakeholder lainnya.

Dirinya mengatakan Pemerintah akan selalu hadir membantu para petani dalam rangka peningkatan prokduksi dengan memberi bantuan alat pertania hand handtraktor, kebutuhan benih, pupuk dan alat saprodi lainnya.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Barru Lukman T. Kadis Pertanian Ir. Ahmad MM, Camat Barru A. Hilmanida S. STP. M. Si, Kapolsek, Danramil, para Lurah/Kades se Kecamatan Barru. Ketua KTNA Barru Drs.Andi Subur Toro, KTNA Kecamatan Barru, Ketua Kelompok Tani dan undangan.

Baca Juga:  Bupati Barru Pimpin Upacara Hari Santri Tingkat Kabupaten Barru di Ponpes DDI Mangkoso.

Komentar

News Feed