oleh

Bupati Barru, Sebut Pelantikan Ketua Pengadilan Agama Barru Istimewa

-Berita-801 views
Media Sosial

BARRU POS –Prosesi pelantikan Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Barru berlangsung dengan hikmad ketika Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Barru yang sebelumnya dijabat oleh Dr. H. Slamet, SH, MH, diserah terimakan kepada Ketua Pengadilan Agama yang baru, Andi Muhammad Yusuf Bakri, S.H, M.H.

Proses pelantikan yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar Dr. Hj. Aisyah Ismail, S.H., M.H. sampai dengan pemasangan kalung jabatan terlaksana dengan lancar, Kamis (5/3/2020) di Lantai VI Menara Kantor Bupati Barru.

Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh M.Si yang duduk berdampingan dengan Yang Mulia Hakim Agung Dr. H. Edi Riadi, SH, MH terlihat mengikuti jalannya pelantikan dengan hikmat.

Bersama dengan Ketua DPRD Kabupaten Barru Lukman, Wakil Bupati Barru Nasruddin AM, Anggota Forkopimda Kabupaten Barru yang dihadiri Kapolres, Dandim 1405 Mallusetasi, Ketua Pengadilan Negeri Barru, Plh. Sekretaris Daerah Abustan serta dihadiri Utusan Pengadilan Agama Kabupaten Kota Se-Sulsel yang diantaranya berasal dari PA Sungguminasa, Majene, Maros, Parepare dan lainnya, serta jajaran pejabat daerah dan, Pimpinan OPD Kabupaten Barru serta tamu undangan lainnya.

Dalam Sambutannya, Suardi Saleh menyampaikan, “Selamat datang kepada Yang Mulia Hakim Agung, Alhamdulillah Terima kasih hadir di Kabupaten Barru demikian pula kepada Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar beserta segenap (perwakilan) Pengadilan Agama Kabupaten Kota Sulawesi Selatan”

“Hari ini bukan saja istimewa dan bersejarah, bagi kami ini adalah berkah, Seorang Hakim Agung adalah pribadi yang luar biasa, punya kemampuan tinggi, insya Allah membawa berkahnya ke Kabupaten Barru” puji Suardi Saleh.

Bupati Barru kemudian memulai sambutannya dengan menyampaikan selayang pandang tentang Kabupaten Barru, “Kabupaten Barru ini, salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang terdiri dari 40 Desa dan 15 Kelurahan serta punya tipologi 3 dimensi, punya laut, bahkan pulau, ada daratan, lembah dan gunung”.

Baca Juga:  Banyak Keluhan Terkait Jalan Amblas Bupati Barru Minta Warga Bersabar

“Gambaran ekonomi makro, PDRB kami yang awalnya 5,97 di tahun 2017 saat kami dilantik menjadi Bupati kemudian meningkat jadi 7,2 di 2019 dan Alhamdulillah saat ini Pendapatan perkapita 41 juta dari sebelumnya 34,51 di tahun 2017.

Sedangkan Pertumbuhan ekonomi Barru dari 6,48 tahun 2017 menjadi 7,41 persen di 2019 dan Alhamdulillah, Kabupaten Barru ini (Pertumbuhan Ekonomi) tertinggi di Sulawesi Selatan” urai Bupati Barru membacakan data terbaru dari Badan Pusat Statistik.

“Kemudian, masyarakat Barru dikenal sebagai Suku Bugis yang pada umumnya perantau, sehingga hampir di seluruh wilayah (di Nusantara) ada orang Barru” jelasnya kemudian.

“Selamat kepada Ketua Pengadilan Agama yang Baru, selamat datang di Kabupaten Barru dan terima kasih kepada Pak Dr Slamet atas dedikasinya selama ini di Kabupaten Barru,” tutup Suardi Saleh.

Selanjutnya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar Dr. Hj. Aliyah Ismail, SH, MH menyampaikan sambutannya “Kami sangat berbahagia, Terima kasih tak terhingga kepada Pak Bupati beserta seluruh jajarannya,” ungkapnya diawal Sambutan.

“Pelantikan ini menjadi istimewa, karena dua hal yang pertama barusan ada Pelantikan Ketua PA (di Sulawesi Selatan) dihadiri oleh Hakim Agung dan yang kedua, (Pelantikan Ketua PA) ini dilaksanakan (untuk pertama kalinya) di Kantor Pemerintah Daerah, Terkhusus bagi Bupati Barru dan jajarannya luar biasa penghargaan yang Bapak berikan kepada kami, semoga mendapatkan balasan dari Allah Subhanahu Wa Ta’Ala” kata Aisyah Ismail tak mampu menyembunyikan kekagumannya pada keramahan jajaran Pemerintah Daerah.

Aisyah Ismail kemudian banyak memberikan arahan kepada Ketua Pengadilan Agama Barru yang baru dengan penegasan pada disiplin, pemanfaatan teknologi informasi untuk pelaporan peradilan, dan amanah untuk terus berintegritas dan menjaga marwah lembaga peradilan ini.

Baca Juga:  Presiden dan Para Menteri Kabinet Kerja Galang Donasi untuk Penyintas Gempa Banten

Sambutan berikut dibawakan oleh Yang Mulia Dr. Edi Riadi, yang menyampaikan ungkapan bahagia dan tersanjung atas perhatian dan keramahan Bupati Barru Suardi Saleh,

“Yang terhormat Bupati Barru, Bapak Ir Suardi, Saya menyampaikan banyak terima kasih, dengan sangat sangat tersanjung, saya sangat terkesan sekali”.

Kemudian Hakim Agung ini menyampaikan alasan kehadirannya terkait kedekatan secara personal dengan Andi Muhammad Yusuf Bakri yang sebelumnya merupakan Asisten Beliau.

“Saya ada ikatan batin dengan Ketua Pengadilan Agama ini (Andi Muhammad Yusuf Bakri), beliau ini asisten saya bertahun-tahun, Ketua PA yang baru ini, sosok yang sangat lain (istimewa) menurut saya. Karena beliau ini punya kompetensi, Beliau ini salah satu hakim reformasi, tidak menerima apapun dan konsisten untuk betul betul melayani masyarakat,” sanjungnya.

Hakim Agung kamar Peradilan Agama ini juga menyampaikan kesannya bagi panorama Kabupaten Barru, “Saya tadi pagi berjalan sepanjang pantai selama satu jam sampai tempat wisata batu (ujung batu), Alhamdulillah melihat daerah ini (Kabupaten Barru) yang ada gunung lautnya berdekatan, sangat indah”.

Edi Riadi menutup dengan amanah ke segenap aparatur pengadilan agama yang hadir, “Saya berpesan kepada segenap Hakim, janganlah jadi problem bagi Masyarakat, jadilah bagian yang menyelesaikan problem masyarakat.

Sumber: Humas

Komentar

News Feed