oleh

Bursa Inovasi Region Tanete Rilau, Tanete Riaja dan Pujananting di Buka Asisten II

-Berita-961 views
Media Sosial

Barru Pos–Asisten II Usman Arsyad membuka secara resmi Bursa Inovasi Desa Program Inovasi Desa (PID) tahun 2019 di Gedung Aula PKG Kecamatan Tanete Rilau Kamis 18 Juli 2019.

Acara yang digelar DPMD Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Barru bersama Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) di Kecamatan Tanete Rilau, Tanete Riaja dan Pujananting ini juga dihadiri Camat, Kepala Desa, BPD dan Toko masyarakat,
di tiga Kecamatan tersebut serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, diharapkan desa dapat menggunakan dana desa selain untuk pembangunan infrastruktur, tetapi juga untuk pengembangan sumber daya manusia, serta pengembangan kewirausahaan masyarakat dan ekonomi produktif.

Terkhusus kepada pembangunan sumber daya manusia agar dana desa diperuntukkan untuk kegiatan konvergensi stunting atau pencegahan stunting yaitu kasus gagal tumbuh pada anak karena kekurangan gizi. bahaya dampak stunting cukup mengkhawatirkan dan kasus balita stunting selama ini masih didominasi di pedesaan.

“Dengan adanya Bursa Inivasi Desa ini diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara nasional dan partisipatif,”.

Ketua Pelaksana Irsal dalam menyampaikan laporannya menyebutkan bahwa kegiatan Bursa Inovasi Desa ini mengangkat tema “dengan semangat yassiberrui melalui inovasi kita kuat menuju desa yang maju dan mandiri” pemilihan tema tersebut pada intinya mendorong dan memotivasi desa untuk bersatu dan lebih kreatif serta inovatif untuk mereplikasi ide, gagasan dan praktek cerdas yang telah terbukti keberhasilannya untuk mengatasi masalah yang dihadapi masing-masing desa dengan memanfaatkan potensi, sumber daya dan informasi yang tersedia dalam mengarahkan pembangunan pada alur yang tepat untuk mempercepat pencapaian kemandirian desa, membangun daerah dalam rangka membangun indonesia maju sejahtera dan bermartabat.

“untuk menjembatani kebutuhan Pemerintah akan pilihan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif. Ucapnya

Baca Juga:  19 Hari Berlalu, Polisi Belum Ungkap Pelaku Tabrak Lari: Ketua PMII Barru Desak Polres Barru

” Melalui Bursa Inovasi Desa ini diharapkan inovasi-inovasi yang ada di Desa-desa yang di Kabupaten Barru bisa tergali dan terkelola dengan baik, “ujarnya.

” Peserta BID ini sebanyak 100 orang terdiri dari tiga kecamatan yaitu, Kecamatan Tanete Rilau, Kecamatan Tanete Riaja dan Kecamatan Pujananting. masing-masing peserta dari Desa-desa ketiga kecamatan.” lanjut. Ikhsan.

Penulis Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed