oleh

Cahaya Jum’at : Sunnah dan Amalan di Hari Jum’at

-Agama-36 views
Media Sosial

Barrupos.com, Cahaya Jum’at Sunnah dan amalan di hari jumat tentu sudah tidak asing lagi di kalangan masayarakat, terutama bagi generasi muda yang sedang semangat-semangatnya berhijrah berproses menjadi lebih baik.

Salah satu sunnah atau amalan di hari jumat yang cukup viral akhir-akhir ini adalah “Al-Kahfi Time”. Begitu banyak komunitas dan pemilik sosial media yang terus berlomba-lomba mengingatkan tentang pentingnya membaca surah Al-Kahfi.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam berikut hadist bahwa : “Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah” (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahawa hadist ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471)

Kemudian hadist lain juga dijelaskan hal serupa tentang pentingnya membaca surah Al Kahfi bahwa : “Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya diantara dua jum’at.” (HR.

An Nasa’I dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadist ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470).
Berlandaskan dua hadist tersebut salah satu komunitas di Kabupaten Barru yaitu kominitas Barru Mengaji memilki program Al Kahfi Time. Dimana komunitas Barru Mengaji ini dicetus oleh pemuda bernama Muhammad Rifki Rahsyanjani, S.T. yang memiliki misi menumbuhkan kebiasaan membaca Al-Qur’an serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Alhamdulillah program Al-Kahfi Time ini pertama kali terlaksana secara online melalui aplikasi zoom pada tanggal 9 Desember 2020 yang dihadiri 30 peserta. Namun seiring berjalannya waktu Alhamdulih sampai pertemuan terakhir peserta Al Kahfi time semakin meningkat hingga mencapai 70 peserta dan insya Allah pekan ini akan menjadi pertemuan ke delapan. Kegitan ini juga di pimpin oleh qori qoriah terbaik Kabupaten Barru, jadi selain mengamalkan sunnah di hari Jumat kita juga bisa belajar memperbaki bacaan Al-Qur’an”. Ujar Muhammad Rifki Selaku Founder Barru Mengaji.

Baca Juga:  Bupati Barru, Ajak Warga Zikir dan Doa Bersama Akhir Tahun

Muhammad Fahmi Huwaidy selaku ketua umum Barru Mengaji juga mengatakan bahwa kedepannya semoga peserta yang terlibat dalam Al Kahfi Time terus bertambah menjadi ratusan atau bahkan ribuan orang setiap pekannya. Agar kelak program ini dapat mengubah kebiasaaan pemuda Kabupaten Barru. Bukan Lagi pemuda yang berkumpul dengan pembicaraan yang tak bermanfaat, tapi pemuda yang berkumpul untuk membaca Al Qur’an. Hingga Barru Mengaji melahirkan pemuda-pemuda yang berakhlaq qur’an dengan terus menebar semangat cinta Al-Qur’an dihati masyarakat Kabupaten Barru.

Tim Redaksi

Komentar

News Feed