oleh

Calon Independen Harus Kantongi 12.969 Dukungan untuk Maju Pilkada 2020

-Barru2020-587 views
Media Sosial

BARRU POS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barru menetapkan jumlah dukungan bagi calon perseorangan atau independen yang akan mengikuti Pilkada 2020.

Ketua KPU Barru, Sarifuddin Ukkas, yang dihubungi via telepon, Minggu 27 Oktober 2019 menjelaskan terkait pencalonan calon perseorangan, tiap kabupaten/kota dan provinsi memiliki jumlah DPT yang berbeda-beda.

Baca Juga:  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Barru menyelenggarakan Rapat Koordinasi Mitra Pengawas Pemilihan dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Barru Tahun 2020.
Baca Juga:  Program Unggulan Kapolres Barru, Sosialisasi Pilkada Damai Dikemas Dengan Focus Discussion Group
Baca Juga:  Eks Ketua dan Wakil Ketua DPRD Salut dengan Berbagai Terobosan Suardi Saleh

Dari rumus perhitungan yang tercantum dalam pasal 40 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, maka Calon Bupati dan Wakil Bupati dari jalur perseorangan di Kabupaten Barru harus memiliki menimal dukungan 12.969.

Jumlah tersebut adalah 10% dari jumlah DPT dari pemilu sebelumnya, yang berjumlah 129.687.

Sarifuddin Ukkas mengatakan, bahwa setiap kabupaten kota memiliki jumlah yang berbeda, dan persentase yang digunakan pun berbeda.

Lebih lanjut Sarifuddin Ukkas menerangkan, bagi mereka yang ingin di jalur perseorangan, maka harus mengumpulkan dukungan 10 persen.

Hal itu dibuktikan melalui fotokopi e-KTP dan harus melampirkan surat pernyataan dukungan.

“Jadi setiap orang sadar bahwa dirinya memberi dukungan. Bagi yang ingin di jalur perseorangan, maka harus mengumpulkan 12.969 dukungan. Kita buka ruang itu untuk masyarakat,” paparnya.

Selain itu, persyaratan lain adalah tentang persebaran pendukung, yang tidak boleh mengumpul di satu kecamatan saja. Pendukung harus berasal di lebih dari 50% dari 7 Kecamatan yang ada di Barru.

“Jika di Barru ada 7 kecamatan, maka pendukungnya minimal tersebar di empat kecamatan,” imbuhnya.

Penulis: Redaksi

Komentar

News Feed