oleh

Cegah Virus Corona, 65 Napi di Rutan Barru Menjalani Asimilasi di Rumah

-Berita-817 views
Media Sosial

BARRU POS–Rutan Kelas IIB Barru mempercepat pembebasan sekitar 65 narapidana akibat merebaknya wabah virus corona.Keputusan itu merupakan tindak lanjut dari peraturan Menteri Hukum dan HAM RI No 10 Tahun 2020 tentang syarat pemberian assimilasi dan hak integrasi bagi narapidana untuk upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid -19.

“Kita bebaskan secara bertahap, jelas Alwi Karutan Kelas IIB Barru kepada barrupos.com, Jumat (03/4/2020) siang. Dia menjelaskan, pembebasan melalui integrasi meliputi pembebasan bersyarat, cuti bersyarat dan cuti menjelang bebas.

Baca Juga:  Audit Para Kades Se-Kabupaten Barru: Bawasda Barru, Indikasi Ada Temuan di Desa

Narapidana yang masuk kategori ini yakni narapidana yang telah menjalani 2/3 masa pidana, serta yang telah menjalani setengah masa pidana.

Sementara napi lainnya merupakan mereka yang dibebaskan melalui asimilasi yakni narapidana yang telah menjalankan hukuman selama setengah masa tahanan atau narapidana yang dua pertiga masa pidananya jatuh sampai dengan 31 Desember 2020.

Baca Juga:  Forum LSM Barru Ikut Ramaikan Millenial Road Safety Festival di Alun-alun Kota Barru

Dari total 65 narapidana yang mendapatkan percepatan pembebasan, mayoritas merupakan narapidana kasus pidana umum, serta kasus narkoba dengan hukuman di bawah lima tahun.

Namun meskipun sudah diperbolehkan menghirup udara bebas, para napi tersebut diwajibkan untuk tetap berada di rumah dan tetap kita awasi.

“Jadi sebenarnya bukan dibebaskan, tapi mereka menjalani asimilasi di rumah. Masih ada mekanisme pembimbingan dan pengawasan kepada rutan Kelas IIB Barru,” terangnya

Penulis: redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed