oleh

Data Masyarakat Miskin Akan Diverifikasi

-Berita-1.053 views
Media Sosial

Sidrap,Barrupos- Pemerintah Kabupaten Sidenreng Rappang akan melakukan verifikasi dan validasi data masyarakat miskin di wilayahnya. Rencananya kegiatan dimulai bulan Agustus tahun ini.

Validasi dan verifikasi diperlukan karena sejak tahun 2015 hingga saat ini, data kemiskinan belum pernah diverifikasi by name by address by problem. Akibatnya, data belum mampu menunjukkan apakah yang bersangkutan layak dianggap miskin atau tidak.

Baca Juga:  Bakal Calon Bupati Barru Aska Mappe Terus Bergerak
Baca Juga:  Presiden Jokowi: Pembangunan SDM Butuh Fokus dan Sinergi Kementerian

Sebagai persiapan kegiatan itu, Kamis (25/7/2019) dilaksanakan sosialisasi yang diikuti para camat, lurah dan kepala desa, kepala puskesmas, koordinator PKH (Program Keluarga Harapan), pendamping desa dan TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan).

Kepala Bappelitbangda Sidrap, A M Arsjad mengatakan, sangat penting ada basis data miskin yang akuntabel, yang betul-betul sesuai fakta di lapangan dan diperbaharui secara berkala.

“Sehingga ketika Kita berbicara mengenai masyarakat miskin maka sudah seharusnya mengacu pada basis data tersebut,” ujar Arsjad mewakili Bupati Sidrap membuka sosialisasi tersebut.

Baca Juga:  Presiden Minta Jajarannya Fokus Mitigasi Dampak Korona dan Pelemahan Ekonomi
Baca Juga:  Siapa Sangka Sang Juragan Barru Abdul Karim, Awalnya Hanya Menjual Ikan

 

Ia menambahkan, basis data ini menjadikan program-program penanggulangan kemiskinan tepat sasaran.

“Ke depan tidak ada lagi masyarakat miskin yang tidak mendapatkan intervensi program kemiskinan, tidak ada lagi program kemiskinan yang tidak mengacu basis data dan tidak ada lagi program kemiskinan yang jalan sendiri-sendiri,” papar Arsjad.

Sementara itu, Titin Yulia, narasumber dari Kemensos RI menjelaskan optimalisasi basis data kemiskinan merupakan amanah UU Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin.

“Untuk itu basis data perlu diverifikasi dan divalidasi. Masyarakat juga diimbau berperan aktif mendaftarkan diri dengan memberikan data yang benar agar nantinya bantuan tepat sasaran,” urai Kasubbid Pengolahan dan Penyajian Data-Pusdatin Kemensos RI tersebut.

Baca Juga:  Aksi Aliansi Rakyat Se-kota Makassar, Kembali Mendapat Tindakan Represif Aparat
Baca Juga:  Belasan Rumah Rusak Akibat Diterjang Angin, Kapolsek Bantu Evakuasi

Sosialisasi di Aula SKPD Sidrap itu dihadiri Kepala BPS Sidrap, Misbahuddin, Kabid Penanganan Fakir Miskin dan Rehabilitasi Sosial, Andi Arifuddin, Kabid Ekonomi, SDA Sosbud Bappelitbangda, Imran dan OPD terkait.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed