oleh

Diskusi Online dan Tur Virtual – Exchange Learning Indonesia (Pangkep dan Barru) dan Filipina (Cebu, Bohol, Puerto Princessa)

-Wirausaha-18 views
Media Sosial

Barrupos.com, Pariwisata Berbasis Masyarakat adalah sebuah konsep pengembangan pariwisata yang mengedepankan masyarakat selaku pelaku dan penerima manfaat. Guna memfasilitasi proses pembelajaran dan peningkatan kapasitas untuk masyarakat.

Yayasan Ekowisata Indonesia (INDECON) dengan dukungan OXFAM melaksanakan Diskusi dan Tur Virtual – Exchange Learning; Indonesia – Filipina antara anak muda pelaku CBT di Kabupaten Barru dan Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, serta pengelola desa wisata di Indonesia, dan penggiat CBT di Filipina.

Acara ini diselenggarakan selama 3 hari yaitu pada hari Jumat-Minggu, 29-31 Januari 2021 pada Pukul 13.00 – 17.00 WITA secara daring dan luring; bersama-sama dengan 15 lokasi komunitas lokal di dua kabupaten.

Kegiatan ini merupakan bagian dari proyek Community Based Tourism – Empower Youth for Work (CBT-EYW).
Program Empower Youth for Work yang dilaksanakan sejak tahun 2016 merupakan program yang didukung oleh IKEA Foundation yang berfokus pada peningkatan pemberdayaan pemuda-pemudi.

Pihak-pihak yang bekerjasama dalam pelaksanaan program ini antara lain pemuda-pemudi, pemerintah (pusat dan daerah), dan swasta.
Bekerjasama dengan Oxfam, Yayasan Ekowisata Indonesia atau INDECON melalui program Community Based Tourism-Empower Youth for Work (CBT-EYW), menyelenggarakan kegiatan Diskusi Online dan Tur Virtual- Exchange Learning.

Acara ini diisi oleh anak muda pelaku CBT di Kabupaten Barru dan Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan; penggiat CBT Filipina antara lain Boboi Costas selaku Board of Director Asian Ecotourism Network, Dalareich P. Polot selaku Founder Ginto Fine Chocolates, dan Cy Negosa selaku City Government of Puerto Princessa; penggiat CBT Indonesia antara lain Ary Suhandi selaku Direktur Yayasan Ekowisata Indonesia (INDECON), dan Sugeng Handoko selaku Pengelola Desa Wisata Nglanggeran di Gunungkidul.

Baca Juga:  Ratusan Peserta Milenial Antusias Mengikuti Seminar Kewirausahaan Dan Motivasi Nasional Pemuda Mandiri

Acara ini dilaksanakan selama 3 hari pada hari Jumat-Minggu, 29-31 Januari 2021 Pukul 13.00 – 17.00 WITA secara daring dan luring. Kegiatan luring diselenggarakan di 15 titik lokasi komunitas dengan menerapkan protokol kesehatan. Informasi rinci tentang acara disebarluaskan melalui akun sosial media IG indecon.id.
Mayoritas peserta yang hadir merupakan anak muda dari Kabupaten Barru dan Kabupaten Pangkep. Acara ini turut dihadiri oleh Ir. Rizki Handayani, MBTM selaku Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; Umar S, SKM., M.Kes selaku Kepala Bappeda Kabupaten Barru; Dr. Abd Gaffar, ST., M.Si selaku Kepala Bappeda Kabupaten Pangkep; Andi Syarifuddin, S.IP., M.Si selaku Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Barru; Drs. Ahmad Djamaan, M.Si selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangkep.

Harapannya, kegiatan ini dapat memberikan inspirasi sekaligus memotivasi muda-mudi Barru dan Pangkep untuk menggiatkan pengembangan pariwisata di daerahnya, serta menjadi wadah untuk mempromosikan potensi wisata secara virtual. Secara khusus, muda-mudi juga dapat belajar bagaimana peluang strategi pengembangan pariwisata berbasis masyarakat dari penggiat CBT Filipina.
Program Community Based Ecotourism-Empower Youth for Work (CBT-EYW) dilaksanakan oleh Yayasan Ekowisata Indonesia (INDECON) dengan dukungan OXFAM Indonesia.

Program ini berupaya untuk meningkatkan kapasitas anak muda dalam pengembangan pariwisata berbasis masyarakat dengan membantu anak muda untuk mengembangkan daya tarik wisata dan produk wisata sebagai bentuk pekerjaan atau wirausaha.

Tim Redaksi

Komentar

News Feed