oleh

Dosen Kalla Business School Dilatih G Suite Oleh Google

-Berita-1.071 views
Media Sosial

BARRU POS –Kalla Busines School menggelar pelatihan G Suite Google Enterprise for Education.Sejumlah 23 dosen mengikuti pelatihan tersebut yang digelar di ruangan multimedia Sekolah Islam Athirah jalan Kajaolalido Nomor 22 Makassar. (18-19 September 2019).

Kalla Busines School merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia Timur yang menyelenggarakan pelatihan G Suite Enterprise. Pelatihan itu menggandeng perusahaan digital perwakilan google Indonesia di bidang pendidikan, PT. Duta Digital Informatika (DUGI).

G Suite Enterprise merupakan paket layanan berbasis cloud yang menyediakan cara baru untuk bekerja sama secara online bagi perusahaan atau institusi pendidikan. Pengguna tidak hanya menggunakan email dan chat, tetapi juga kolaborasi dokumen secara real time, penyimpanan data dengan kapasitas tanpa batas, dan konferensi video hingga 100.000 pengguna dalam domain yang sama.

Baca Juga:  Presiden dan Panglima TNI Tinjau Helikopter Caracal
Baca Juga:  Kesehatan Petugas Kebersihan di Parepare Rutin Diperiksa Dinkes
Baca Juga:  Polda Sulsel Ungkap Penipuan Modus Agen Perjalanan yang Jual Tiket Pesawat Murah

Director Technology Solution and Partnership PT. Duta Digital Informatika, Julio Sandjaya menjelaskan bahwa pelatihan tersebut merupakan pelatihan dasar yang mempunyai kelas enterprise. Ia juga menuturkan bahwa ada 3 hal yang membedakan google suite enterprise dengan nonenterprise.

“ini adalah basic training Google Enterprise for Education, ini merupakan salah satu solusi terbaik di dunia yang dipersiapkan untuk bisa mengembangkan metode pembelajaran di sekolah tinggi (universitas) dalam menggunakan teknologi g suite, aplikasi-aplikasi google berbasis cloud base internet dan mempunyai kelas enterprise” jelas Julio di sela-sela pelatihan.

“G Suite Enterprise ini adalah top tier dari kumpulan aplikasi-aplikasi google, di mana dengan G Suite Enterprise ini user akan mendapatkan tiga keunggulan yang tidak didapatkan dari aplikasi G Suite versi nonenterprise” jelasnya melanjutkan.

“yang pertama keunggulannya adalah memiliki tingkat security yang lebih baik, sehingga data maupun digital property dari user itu akan terlindungi lebih ketat oleh google dengan kemampuan proteksi hingga forensik digital. Yang kedua adanya fasilitas cloud search, di mana cloud search ini seperti memperkuat fasilitas pencarian data atau file di dalam domain, bisa dikatakan juga ini adalah konsep dari e-library exclusive yang dimiliki oleh institusi. Yang ketiga adalah kelebihan dari fitur komunikasi, sangat terkenal fitur komunikasi google meet yang menjadi salah satu fitur terkuat untuk kita melakukan proses pembelajaran jarak jauh dengan video conference” imbuh pria berkacamata itu.

Pihaknya berharap dosen yang telah mengikuti pelatihan G Suite Enterprise for Education itu mampu beradaptasi dan membiasakan diri menggunakan fasilitas-fasilitas yang ada di dalamnya.

Sementara itu, Team Leader Persiapan Kalla Busines School, Syamril S.T., M.Pd., menjelaskan bahwa pelatihan itu dilaksanakan dalam rangka meningkatkan keterampilan dan kualitas pembelajaran.

“jadi kan pelatihan ini lebih kepada keterampilan, nanti kan teknologi itu diharapkan bisa membantu meningkatkan keterampilan pembelajaran, jadi adanya teknologi (G Suite Enterprise for Education) ini kita berharap untuk bisa memudahkan dosen dalam proses perkuliahan” jelas Syamril sesaat setelah pelatihan ditutup.

“Google Suite Enterprise for Education ini kan sangat power full ya, kalau dosen bisa memaksimalkan penggunaannya dengan baik, itu insya Allah pembelajarannya sesuai dengan apa yang kita harapkan” imbuhnya.

Penulis: Sukri Muhammad
Reporter : Mudaksir Anci
Editor : Rdp

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed