oleh

DPC PKB Barru, Mandat Saksi Bergelar Doktor

-Pemilu2019-2.414 views
Media Sosial

Barru Pos–Pemilihan Umum yang berlangsung besok 17 April 2019, melibatkan Saksi sebagai salah satu Unsur yang ada di TPS, selain Pemilih, KPPS, Pengawas dan Pemantau.

Dasar penugasan Saksi pada Peserta Pemilu diatur pada Pasal 121 ayat 5 PKPU No. 3 Tahun 2019 Tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilu.

Sehingga DPC PKB Kabupaten Barru memandat Saksi di 541 TPS se Kabupaten Barru yang salah satunya bergelar Doktor, (S3) Koresponden kami menemukan kalau ada yang bergelar Doktor yang menjadi Saksi di TPS setelah menemui Ketua KPPS TPS 05 Desa Lompo Tengah Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru.

Setelah menanyakan Saksi Partai apa saja yang sudah melapor dan menyampaikan mandatnya, Ketua KPPS 05 menunjukkan bahwa Salah satu mandat yang diterima Ketua KPPS TPS 05 adalah saksi yang dimandat Ketua DPC PKB Barru memiliki Gelar Doktor Ilmu Hukum.

Setelah di Kompirmasi kepada yang bersangkutan, mereka mengakui bahwa dia termasuk salah satu saksi yang dimandat oleh Ketua DPC PKB Barru untuk menjadi saksi di salah satu TPS di Tanete Riaja.

Namun yang bersangkutan menyampaikan perasaan yang sangat kecewa, karena apa yang mereka dapatkan pada saat Bimtek saksi yang dilakukan oleh LPP DPC PKB Barru, tidak sesuai dengan yang temukan di TPS, karena pada saat menyerahkan Mandat Saksi TPS, yang bersangkutan tidak diberikan Surat balasan Tanda Terima Mandat oleh Ketua KPPS 05, dengan alasan tidak ada yang dibuat.

Sehingga yang bersangkutan menilai bahwa Penyelenggara belum siap melaksanakan Pemilu secara baik dan belum melakukan Bimtek kepada penyelenggara di tingkat PPS dan KPPS.

Ditanya alasan sang Doktor Ilmu Hukum itu mau menjadi saksi di TPS, dengan santai beliau menjawab “Mau mencoba menjadi Saksi di TPS, karena yang biasa mereka ikuti, menjadi saksi pada rekap suara di Tingkat KPUD, baik pada Pemilu, Pilkada, Pilgub maupun Pilpres”.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Kecam Teror Bom di Sri Lanka

Merasakan kesulitan menjadi Saksi pada tahapan rekap suara di tingkat KPU, sehingga beliau mau mencoba bagai mana tingkat kesulitan yang di rasakan oleh saksi di TPS sebagai tempat paling awal dilakukannya Rekap perhitungan suara.

Reporter: Sudirman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed