oleh

Dukung Kegiatan Wirausaha Alumni, Fakultas Peternakan Gelar Bimtek PWMP

-Makassar-593 views
Media Sosial

MAKASSAR,BARRU POS--Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin bersama Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa (Polbangtan Gowa) menyelenggarakan Bimbingan Teknis “Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP)” tahap penumbuhan dan pengembangan bagi 15 kelompok yang terdiri dari 10 Kelompok PWMP tahap pengembangan dan 5 kelompok tahap penumbuhan. Kegiatan bimtek berlangsung di Hotel Graha Puri, Jln. Perintis Kemerdekaan, Makassar, Senin (14/10).

Kegiatan dibuka oleh Dekan Fakultas Peternakan, Prof. Dr. Ir. Lellah Rahim, M.Sc. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan dukungan kepada para alumni dalam berwirausaha baik dari hulu ke hilir. Beliau berharap, kegiatan ini bisa menjadi salah satu wadah yang bisa dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan.

“Saat ini, sulit untuk langsung bekerja. Karena kecenderungan sekarang mengandalkan perusahaan lain sebagai tempat melamar pekerjaan, kenapa bukan kalian yang menciptakan lapangan pekerjaan? Sehingga kalian bisa memanfaatkan ilmu kalian untuk usaha sendiri. Memang, mungkin akan banyak tantangan, tapi dengan semua tantangan atau rintangan yang dilalui, hal itu akan baik untuk kalian kedepannya.

Baca Juga:  Danny Pomanto Perjelas Peran Penting Penasehat Wali Kota
Baca Juga:  Dua Personil Kodim 1405/Mlts Ikuti Pelatihan Fotografi dan Vidiografi di Makassar
Baca Juga:  Didampingi Istri, Nurdin Abdulah Nyoblos di TPS 42 Perdos Tamalanrea Makassar

Saya berharap kalian sebagai penerus bangsa bisa lebih produktif dan berperan aktif di masyarakat, salah satunya dengan meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui lapangan kerja yang akan kalian ciptakan,” kata Prof Lellah.

Prof. Dr. Ir. Jasmal A. Syamsu, M.Si., IPU., ASEAN Eng., Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan Fakultas Peternakan sekaligus Ketua Panitia menjelaskan bahwa kegiatan ini telah dimulai dari tahun 2016 dan merupakan kerjasama dengan Kementerian Pertanian.

Tujuan kegiatan ini selain memberikan pembekalan ilmu kepada peserta juga sebagai wadah untuk menumbuhkan semangat berwirausaha dan berharap bahwa alumni peternakan Unhas bisa menjadi contoh wirausahawan muda bidang peternakan di masyarakat.

“Jadi ini dari tahun 2016, ada program dari Kementerian Pertanian yang namanya Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP). Program ini menggandeng perguruan tinggi dari berbagai daerah Indonesia, walaupun tidak semua hadir.

Fakultas Peternakan termasuk dalam program itu, kita berperan sebagai mitra. Ditahun 2016 kita dapat 10 kelompok aIumni yang terdiri dari 3-5 orang yang membuat rancangan usaha mereka, kemudian diajukan ke fakultas, fakultas yang mengirim ke kementerian, 10 Kelompok itu ikut bimtek tahap pengembangan. Untuk tahun ini ada 5 kelompok yang ikut tahap penumbuhan, jadi semua ada 15 kelompok. Dalam pelaksanaannya, selama tiga tahun kita pantau. Setiap tahapan, mulai dari tahap penumbuhan, pengembangan sampai tahap mandiri kita adakan bimtek.

Untuk mendukung itu, kita sediakan dosen pembimbing yang sebelumnya juga sudah mendapat training dari kementerian,” jelas Prof Jasmal.

Dalam kegiatan bimtek, ada beberapa materi yang akan diberikan kepada peserta yakni Pertanian Modern, Organisasi dan Kepemimpinan, Kewirausahaan, Teknologi Produksi dan Pengembangan Produk, Manajemen Produksi, Manajemen Pemasaran, Kemitraan dan Networking, Teknik Evaluasi Kerja, Succes Story, Strategi Bersaing dan Persaingan Usaha.

Kegiatan ini dijadwalkan akan berlangsung hingga 16 Oktober mendatang. Untuk hari pertama, berlangsung hingga pukul 17.00 WITA.

 

Sumber: Kasubdit Humas dan Informasi Publik Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin

Ishaq Rahman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed