oleh

Ekspose Kampanye KP Spams Perdesaan Barru Gelar Rakor

-Berita-499 views
Media Sosial

BARRU POS –Kegiatan Peningkatan Kinerja Pengurus KP-SPAMS Untuk Penguatan Pamsimas III yang dibuka oleh Sekretaris Beppeda Umar S.Km, di Aula Kantor Beppeda Barru, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru pada Senin (02/12/2019).

Rapat Koordinasi (Rakor) dan Bimtek Peningkatan Kinerja Pengurus Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KP-SPAMS) di Perdesaan Se Kabupaten Barru Tahun Anggaran 2019.

Dihadiri sebanyak 50 orang peserta dari 40 Desa di 7 Kecamatan se Kabupaten Barru. Dalam rakor dan bimtek ini disampaikan beberapa hal, yakni peran KP-SPAMS terhadap program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS), penguatan kelembagaan KP-SPAMS dan strategi penentuan iuran.

Ketua Tim Asosiasi KP-SPAMS Kabupaten Barru, Kasman dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu strategi pemerintah indonesia dalam mengatasi masalah air minum dan sanitasi di perdesaan adalah melalui program Pamsimas berskala nasional.

“Program Pamsimas III merupakan program lintas kementerian/ lembaga yang saat ini merupakan program prioritas nasional, oleh lima (5) kementerian /lembaga yang bertanggungjawab terhadap capaian universal accsess tahun 2019,” jelas Kasman.

Ditambahkan pula, tujuan Pamsimas adalah untuk meningkatkan akses layanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat miskin perdesaan khususnya masyarakat di desa tertinggal dan masyarakat di pinggiran.

Secara rinci program Pamsimas bertujuan untuk meningkatkan praktik hidup bersih dan sehat di masyarakat, meningkatkan jumlah masyarakat yang memiliki akses air minum dan sanitasi yang berkelanjutan, meningkatkan kapasitas masyarakat dan kelembagaan lokal (pemerintah daerah maupun masyarakat) dalam penyelenggaraan layanan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat, meningkatkan efektifitas dan kesinambungan jangka panjang pembangunan sarana dan prasarana air minum dan sanitasi berbasis masyarakat.

Latar belakang perlunya penguatan kelembagaan KP-SPAMS karena salah satu aspek yang menentukan keberlanjutan didalam penyediaan layanan air minum dan sanitasi adalah adanya lembaga yang mengelola (mengoperasikan dan memelihara) sarana yang terbangun.

Baca Juga:  Personil Sat Narkoba Polres Sergai Tandatangani Fakta Integritas WBK dan WBBM

Sementara Koordinator Kabupaten Barru Pamsimas, Hj Ramlah Rahmat memgatakan melalui KP-SPAMS Pamsimas III ini kepada seluruh desa di Kabupaten Barru bahwa sebesar apapun anggaran yang diberikan oleh pemerintah pusat tanpa didukung oleh desa, maka harapan capaian tadi sulit kita wujudkan.

Untuk itu mari kita tuntaskan permasalahan air minum dan sanitasi terutama bagi masyarakat desa yang mungkin saat ini sebahagian besar belum menikmati air minum aman dan sanitasi layak,” ujar Hj.Ramlah Rahmat sambutannya.

Tim: barrupos.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed