oleh

Gandeng 3 Istri Dipelantikan Andi Sukma DPRD Lutra, Pernah Tidur Sekamar 4 Istrinya

-Berita-1.350 views
Media Sosial

Barru Pos– Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Luwu Utara Periode 2019-2024, pada Selasa (27/8/2019) lalu. Tidak seperti suasana pelantikan Anggota DPRD di daerah lain.

Pasalnya, saat itu, Andi Sukma yang juga sebagai Wakil Ketua DPRD Luwu Utara atau sering disapa Opu membuat heboh dunia maya. Andi Sukma yang terpilih kembali sebagai Anggota Dewan yang ketiga periode ini, hadir mengikuti sidang paripurna pelantikan menenteng 3 dari 4 istrinya ke ruang pelantikan.

Saat dikonfirmasi mitrasulawesi.id melalui telpon selulernya, Kamis (29/08/19), ia membenarkan hal tersebut, dirinya menjadi viral didunia maya saat menghadiri pelantikannya bersama ketiga istrinya.

Saat itu di gedung DPRD membuat mata tertuju padanya dan menghebohkan para awak media, aku Andi Sukma.

Baca Juga:  Dibantu Bupati Barru, Dahlia Penderita Tumor Ganas Segera Dioperasi
Baca Juga:  Presiden Lantik Kepala BPIP dan Kepala BPKP di Istana Negara

Termasuk pernah tidur sekamar bersama istri istrinya. Momentum ini jika di hari lebaran mereka berkumpul di rumah orang tua Andi Sukma. Budaya ini wajib katanya sebagai umat islam, anak anaknya sungkeman kepada orang tua hukumnya wajib.

“Ada 4 istri pak! ngaturnya dalam seminggu 4 malam untuk istri, 3 malam untuk kabur,” canda Andi Sukma.

Alasannya, ratusan ribu masyarakat bisa diperbaiki katanya, apalagi hanya 4 istri. Untuk mengikuti sunnah rasul, Ia mengutip penggalan dari surat Annisa “maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat.”

“Dari pada banyak yang punya satu istri, aduh! Bahaya pak, mendarat daruratnya sering kemana mana pesawatnya,”

“Jadi, dia masing masing punya rumah dan beberapa masing masing suku. Kalau istri pertama orang Luwu Utara, Mahamba. Istri kedua Jawa dengan Enrekang, tuturnya.

Mengenai cara ngaturnya, Opu mengatakan semalam sehari, disitu semalam dan satunya lagi semalam. Kendaraannya sama, semua sama mulai dari merknya, termasuk ukurannya sambil bercanda.

“Kita ini sebagai pembawa aspirasi masyarakat, jadi kita harus bekerja dengan rasa memiliki dan penuh tanggung jawab, Begitu juga (kepada istri istri red). Jika ada anaknya orang dipacari, dia bilang, la tatazawaj ‘iidha lm ‘akun ‘ana Yang artinya jangan menikah kalau bukan saya,”

Untuk menghindari zina Andi Sukma mengutip “wa lā taqrabuz-zinā innahụ kāna fāḥisyah, wa sā`a sabīlā” yang artinya janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk. Maka saya dikena nikah 4 kali, jelas Opu.

Selanjutnya, Andi Sukma mengatakan bahwa dari keempat istrinya, ia memiliki 12 anak, semuanya akur termasuk keempat istrinya.

“Jika ada pesta, semuanya ngumpul bareng, apalagi bikin sayur, masak, semua bareng termasuk kalau ada malam acara disitu semua kumpul bermalam,”

Melihat hal ini, Andi Sukma menganggap itu biasa biasa saja. Ia berdalil bahwa segala sesuatu ada penyebabnya.

“Surat nikah ada 4 anak 12 iya kan, selama itu, ya sampaikan ke perempuan kalau cara saya mau ditanyakan, saya hormati perempuan dan saya hargai perempuan dari yang terbaik dari perempuan, jangan bikin malu. Dan sebaliknya perempuan harus hargai saya dan hormati saya, karena kau tercipta dan terbuat dari tulang rusuk saya, selesai kan,”

Anggota DPRD 3 periode ini juga menjelaskan keseringan terlambat pulang dikarenakan adanya pembahasan di DPR hingga sampai jam 04.00 Wita subuh. Kadang istrinya marah namun menghadapi hal itu dibutuhkan kesabaran dan tawakkal untuk meraih segala sesuatu.

“Kadang saya diusir, saya hanya nyanyi sampai hatimu begitu tega,” ujar Andi Sukma sambil meniru lirik lagu Meggy Z yang berjudul Sakit Hati.

Memaknai hidup ini, Andi Sukma menjelaskan bahwa sesuatunya boleh dilihat, boleh didegar tapi tidak boleh diikuti. Dan berpenganlah pada kesabaran, Tabah, dan Tawaqal untuk meraih segala sesuatunya. Dan jangan sombong, Angkuh dan Takabur.

Nama nama istri Andi Sukma:
1. HELMI. M. SE.
2. DAYATI.S.
3. HERMAWATI. M. S. Sos.
4. USWA. JAMIL SE. MM.

Anak anak Andi Sukma:
ANDI IRMTIKA, AMD.KEB.
ANDI IRMASULISTIA NINGSI, S.M.
ANDI SRI WAHYUNI.
ANDI AZIZAH RAHMADANI.
ANDI DINI AULIA.
ANDI DEWAN SAPUTRA SUKMA.
ANDI PRICILA SUKMA.
ANDI SITA HARDIANTI.
ANDI DWI ANGGI.
ANDI INGGRIT.
ANDI DEWAN WIJAYA SUKMA.
ANDI QUEN LATIFAH SUKMA.

Komentar

News Feed