oleh

Gelar 2 Lomba Sekaligus, SMP Islam Athirah 1 Makassar Uji Kreativitas Siswa

-Berita-83 views
Media Sosial

Barrupos.com, Makassar-Kegiatan Muharram dan Semarak Kemerdekaan di SMP Islam Athirah 1 Makassar diadakan secara virtual. Dua kegiatan itu untuk pertama kalinya digabungkan demi efektivitas waktu. Kegiatan tersebut diawali dengan pembacaan surah Al- Kahfi dilanjutkan ceramah dengan dengan tema ”Urgensi Hijrah bagi Kaum Milenial”, Jumat (14/8/2020). Kegiatan itu diikuti peserta didik SMP Islam Athirah 1 Makassar. Tema ceramah pun disesuaikan dengan usia para peserta didik. Sehingga peserta didik dapat mengambil hikmah dengan mudah, karena sesuai dengan kehidupannya saat ini.

Wakil kepala Sekolah Bidang Keagamaan dan IT Musaswwir Mus Lc, membuka kegiatan tersebut dengan memandu seluruh peserta didik untuk membaca surah Al-Kahfi bersama-sama. Setelah pembacaan surah Al Kahfi selesai, dilanjutkan ceramah menyambut tahun baru hijriah. Hal yang pertama dibahas terkait pengertian hijrah, serta alasan pentingnya dilaksanakan hijrah untuk kaum milenial. Apalagi untuk peserta didik di SMP Islam Athirah 1 Makassar, ilmu hijrah ini sangat penting untuk menumbuhkan sikap yang religius. Dalam ceramah tersebut peserta didik diminta agar melaksanakan hijrah dengan niat yang lurus. Sehingga hijrah yang dilakukan pun mendapat kemudahan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’Ala.

“Luruskan niat, hijrahlah agar menjadi baik bukan untuk terlihat baik, serta hijrah bukan hanya butuh proses tapi juga butuh progres,” ucapnya dalam ceramah tersebut.

Penanggung Jawab kegiatan Muharram dan Semarak Kemerdekaan secara virtual Titi Mirawati, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bukan hanya ceramah tahun baru hijriah, namun setelah jam pembelajaran telah selesai akan ada dua lomba yang akan diadakan secara virtual yakni lomba membuat poster yang diikuti oleh perwakilan masing-masing kelas. Ada 15 Kelas yang akan ikut berpartisipasi dalam lomba poster tersebut.

Baca Juga:  Tabrak, Mobil Truck Box Noreg, Mobil Toyota Kijang Ringsek tak Berbentuk

“Dua kegiatan besar ini diadakan secara bersamaan demi efektifitas waktu, sehingga lomba yang ada pun beragam. Ada lomba untuk keagamaan dalam rangka menyambut tahun baru hijriah, ada juga lomba yang menguji kreativitas dalam rangka hari kemerdekaan” tuturnya.

Selain dari lomba membuat poster, masih ada lagi tiga lomba lainnya yang akan diadakan seperti Lomba Menyanyi, Lomba Da’i, serta Lomba Quizizz. Semua cabang lomba yang diadakan akan menguji kreativitas peserta didik. Diharapkan para peserta didik tetap dapat melakukan pengembangan diri melalui lomba-lomba yang diadakan. Kegiatan lomba tersebut akan diadakan selama empat hari berturut-turut. Tepat pada hari kemerdekaan, pengumuman pemenang dari masing-masing cabang lomba akan diumumkan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed