oleh

Gelar Pelatihan Jurnalistik, Sekolah Islam Athirah Hadirkan Jurnalis Handal

-Berita-55 views
Media Sosial

Barrupos.com, Makassar-Sekolah Islam Athirah (SIA) menggelar pelatihan jurnalistik. Pelatihan menulis berita itu ditujukan bagi guru dan karyawan yang merangkap sebagai kontributor website SIA, Rabu-Kamis, (16-17/9/2020). Digelar secara virtual via google meet, pelatihan itu diikuti sejumlah 50 peserta yang merupakan perwakilan dari seluruh unit SIA.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Departemen Hubungan Masyarakat SIA itu menghadirkan jurnalis handal dari salah redaktur portal media online nasional, Fachri Djaman, S.T. Kegiatan itu dibuka oleh Kadep Humas SIA Muthaminnah, M.Pd. dan berlangsung selama dua jam setiap hari.

“Selain mengupdate ilmu jurnalistik, pelatihan ini digelar untuk melatih para peserta menulis dengan baik dan benar serta memotivasi guru – guru di setiap unit untuk tetap semangat mengirim berita di web Sekolah Islam Athirah,” ucap Bunda Iin sapaan Muthmainnah.

Meski secara virtual, para peserta terlihat begitu antusias mengikuti pelatihan tersebut karena metode yang digunakan adalah praktek menulis dengan mengetik di kolom chat dan dikoreksi langsung oleh pemateri.

“Ternyata menulis berita yang baik adalah minimal 6 paragraf dan setiap paragraf terdiri dari satu hingga tiga kalimat” ucap salah satu peserta pelatihan Muhammad Jafar.

Dalam kesempatan itu, Fachri Djaman yang akrab disapa Om Jurnalis memaparkan hal penting yang perlu diperhatikan saat menulis laporan berita. Di antaranya aturan penulisan judul yang baik dan menarik bagi pembaca.

“Aturan membuat judul berita ada lima yaitu satu, minimal empat kata dan maksimal empat belas kata, dan kedua, judul harus sesuai isi naskah, ketiga minimalisir kata penghubung, empat minimalisir kata berulang, dan lima minimalisir tanda baca dalam judul” urai pemilik akun instagram OM_Jurnalis itu.

Baca Juga:  Dandim 1415/Selayar Pamitan dari Selayar, Begini Harapan Untuk Penggantinya !

Citizen Reporter: Ade Bagus Putra, S.Pd (Guru SD Islam Athirah 2 Makassar)

Tim Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed