oleh

Gowa Menyala Adakan Kelas Literasi di SD Inpres Balangpunia

-Berita-405 views
Media Sosial

BARRU POS –Anak-anak di sini lebih berani. Begitu ditanya, siapa yang mau maju? Pasti ada yang acungkan tangan,” kesan Andi Bunga Tongeng, setelah melihat betapa antusiasnya murid-murid SD Inpres Balangpunia, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa, mengikuti “Literasi Sekolah”, Sabtu, 1 Februari 2020.

Kegiatan “Literasi Sekolah” ini merupakan salah satu program gerakan Gowa Menyala. Kak Bunga, begitu pegiat literasi ini akrab disapa, merupakan salah satu pendiri Gowa Menyala. SD Inpres Balangpunia merupakan sekolah kedua, setelah sebelumnya dilakukan program sejenis di SD Inpres Mawang.

Anak-anak memang terlihat penuh semangat, apalagi ketika diajak meneriakkan yel-yel. Semua serentak dan kompak berteriak, mengikuti aba-aba yang diberikan oleh kakak-kakak relawan.

Koordinator Gowa Menyala, Andi Ainun Musfirah mengatakan, jumlah relawan yang mengikuti “Kelas Literasi” kali ini lebih 20 orang. Mereka ada yang merupakan fasilitator dari “Kelas Inspirasi” dan dari relawa Gowa Menyala sendiri. Mayoritas relawan masih mahasiswa dan ada beberapa yang sudah bekerja. Para relawan itu antara lain, Kak Wina, Kak Sute, Kak Sultan, Kak Fikri, Kak Bunga, Kak Mulyadi dan Kak Fauzi.

Ainun menambahkan, jika biasanya kegiatan yang dilakukan berupa pendampingan membaca terhadap siswa, maka kali ini agak berbeda. Tadi ada tambahan kegiatan, yakni pemutaran film edukatif dan pemaparan bahaya narkoba dari Direktorat Bina Masyarakat Polda Sulawesi Selatan.

“Pemberi materinya adalah Briptu Fachry yang merupakan relawan dari Kelas Inspirasi,” jelas Ainun.

Sebagai koordinator, Ainun mengucapkan terima kasih kepada semua relawan yang sudah mengikuti kegiatan “Literasi Sekolah” hari ini. Dia berharap, semoga apa yang dilakukan dapat memberikan manfaat kepada adik-adik dan dunia pendidikan pada umumnya, sebagaimana spirit kehadiran Gowa Menyala.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Resmikan Ruas Tol Trans-Sumatera di Lampung

“Tetaplah semangat dan jangan merasa bosan dalam menebarkan kebaikan. Jangan merasa cukup dalam memberikan manfaat kepada orang lain,” pesannya melalui grup WhatsApp Gowa Menyala.

Setelah kegiatan di SD Inpres Balangpunia, Ainun telah tunai mengemban amanah. Koordinator “Literasi Sekolah” selanjutnya akan dipegang oleh Ummu Rofikah. Dia membayangkan, kegiatan pada bulan Maret nanti akan jauh lebih baik dan tentu lebih seru lagi.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed