oleh

Hari Ini, Warga Sekolah Islam Athirah Mulai Aktivitas dengan Salat Istisqa

-Berita-908 views
Media Sosial

BARRU POS —Salat istisqa adalah salat sunnah muakkad dua rakaat untuk meminta kepada Allah agar diturunkan berkah berupa hujan. Pagi ini (24/9/2019) warga Sekolah Islam Athirah Makassar menggelar salat istisqa. Kegiatan itu dilaksanakan di lapangan utama Sekolah Islam Athirah jalan Kajaolalido nomor 22 Makassar.

Baca Juga:  Hari Anti Korupsi Sedunia, Kejari Barru Ajak Siswa Cegah Korupsi
Baca Juga:  SMKN 2 BARRU Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Sehari sebelumnya, seluruh warga Athirah telah diinformasikan bahwa hari ini akan digelar salat istisqa, seluruh warga Athirah diharapkan berwudhu sejak dari rumah, senantiasa menjaga wudhu, dan mempersipakan alat salat masing-masing.

Kegiatan tersebut diikuti seluruh warga Athirah mulai dari pimpinan manajemen, guru, dan karyawan hingga seluruh siswa ikut terlibat dalam ibadah minta hujan tersebut. Acara dimulai sekitar pukul 07.45 dan berakhir pukul 09.00. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Islam Athirah 1 Makassar, Muhammad Makhrus, Lc. M.Pd. bertugas menyampaikan kepada jamaah tata cara singkat pelaksanaan salat istisqa.

Hadir sebagai Khatib, Ketua Ikatan Alumni Pondok Pesantren As’adiyah (IKAKAS) Cabang Makassar Dr. K.M. Asmullah, S.Ag., M.Th.I. Dalam ceramahnya Kiyai Muda ini menyampaikan bahwa “setiap musibah yang terjadi kebanyakan disebabkan oleh kesalahan manusia sendiri. Betapa banyak terjadi zina, korupsi, adu domba, konsumsi obat-obatan haram, kurang peduli pada kaum fakir miskin dan tidak mau menginfakkan sebagian rezekinya di jalan Allah SWT. Ketika manusia banyak melakukan perbuatan tercela maka saat itu juga Allah menurunkan bencana seperti kemarau berkepanjangan, maka di sinilah pentingnya introspeksi diri” ujar Ustaz Asmullah

Di akhir khutbahnya Ustaz Asmullah mengajak seluruh jamaah untuk senantiasa beristigfar mohon ampun agar Allah SWT agar menurunkan hujan dan rahmatnya kepada manusia.

Kepala Seksi Qur’aniq Generation Development Program (QGDP) Sekolah Islam Athirah Makassar, Komarudin Evendi, A.Md. menyampaikan bahwa salat istisqa yang digelar di Sekolah Islam Athirah tersebut dilaksanakan berdasarkan beberapa kondisi yang memperihatinkan di Indonesia saat ini, mulai dari kebakaran hutan dan lahan di pulau Sumatera dan Kalimantan hingga kemarau yang menyebabkan sulitnya air bersih.

“kita sebenarnya tidak hanya memikirkan di Makassar saja, ada bencana di Antang (Makasasar), ada bencana di Riau, bencana di Kalimantan, kemarau dan bencana kekeringan di beberapa daerah, dari beberapa kondisi itu kita melaksanakan salat istisqa” jelas Komar.

Ia berharap, seluruh warga Sekolah Islam Athirah Makassar agar lebih introspeksi diri karena menurutnya tujuan salat istisqa adalah untuk muhasabah.

“lebih introspeksi diri karena salat istisqa itu tujuannya adalah untuk muhasabah, supaya kita ikut sadar untuk tidak melakukan kesalahan-kesalahan sebelum bencana itu lebih parah” harapnya.

Sementara itu, Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd. ikut menanggapi positif salat istisqa yang juga diikuti seluruh siswanya.

“ini sangat baik sekali, kegiatan ini sebagai bentuk permohonan maaf segenap keluarga besar Sekolah Islam Athirah agar sekiranya atas kekuasaan Allah SWT memberikan keberkahan turunnya hujan” ujar Tawakkal.

“kegiatan ini juga sekaligus sebagai momentum untuk menanamkan kepada siswa pentignya muhasabah diri atas tanda-tanda kekuasaan Allah” imbuhnya.

Selain Sekolah Islam Athirah 1 Makassar di Kajaolalido, salat istisqa juga digelar Sekolah Islam Athirah 2 Makassar di Bukit Baruga dan Sekolah Islam Athirah Bone.

Penulis: Sukri Muhammad
Reporter : Mudaksir Anci

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed