oleh

ICW Kritisi Latar Belakang Calon Pimpinan KPK

-Berita-1.417 views
Media Sosial

Barru Pos, Jakarta – Kineja Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) kembali mendapatkan sorotan. Kali ini, Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Kurnia Ramadhana, mengkritisi soal latar belakang para kandidat yang lolos hingga ke tahap lanjutan.

“Pansel tidak menyertakan latar belakang pekerjaan dari para calon yang dinyatakan lulus di tahap awal,” kata Kurnia di Jakarta, Senin (15/7).

Dia menuturkan, pada poin keenam surat edaran Pansel Capim KPK, ada permintaan kepada masyarakat terkait masukan untuk capim KPK. Sementara, informasi terkait latar belakang mereka yang lolos malah tak dibeberkan pansel.

Harusnya, kata dia, pansel membeberkan latar belakang pekerjaan para pendaftar, sehingga itu memudahkan masyarakat dalam memberikan masukan. Kurnia juga mengkritisi sikap tak terbuka dari pansel. Itu terkonfirmasi dalam beberapa pemberitaan yang menyebutkan, masih ada tahapan-tahapan seleksi yang tidak jelas waktu pelaksanaannya. Diap pun menilai hal tersebut sebagai kegagalan Pansel Capim KPK saar ini.

“Pansel gagal dalam melakukan perencanaan yang baik sebelum melakukan kerja-kerja penjaringan Pimpinan KPK,” kata dia.

Kamis (11/7) lalu, Pansel Capim KPK telah mengumumkan nama-nama pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Dari 376 pendaftar, sebanyak 192 orang dinyatakan berhak untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.

Para calon yang dinyatakan lolos seleksi adminstrasi untuk selanjutnya akan mengikuti tes uji kompetensi. Tes itu meliputi objective test dan penulisan makalah pada 18 Juli 2019 mendatang. Ari/INI/Balicitizen

Baca Juga:  Hebat: Anggota DPR RI Hasnah Syam Bagikan APD Kepada Gugus Covid-19

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed