oleh

Jaksa Tahan Mantan Kades Madello Dugaan Korupsi Dana Desa 400 Juta

-Barru-1.777 views
Media Sosial

BARRU POS— Kejaksaan Negeri (Kejari) Barru kembali melakukan proses hukum terhadap dugaan kasus korupsi penggunaan dana desa.

Kali ini mantan Kepala Desa Madello, AJ (50), yang dijadikan tersangka dan telah dilakukan penahanan di Lapas Makassar, Selasa (15/10/2019).

Baca Juga:  Menata Kordinasi Pimpinan, Plt Bupati Undang Forkopimda Barru Coffe Morning
Baca Juga:  Deklarasi dan Penyerahan Sertifikat Desa ODF di Desa Ajakkang
Baca Juga:  Jelang Pilkada 2020, Polres Barru Gelar Latihan Pengendalian Massa

Penahanan terhadap tersangka AJ ini dilakukan setelah yang bersangkutan menjalani beberapa jam pemeriksaan di Kejaksaan Negeri Barru.

Saat menjalani pemeriksaan di bagian pidana khusus (pidsus), tersangka yang mengenakan kaos biru langsung dibawah ke Makassar.

Kasipidsus Kejari Barru, Andi Ardiaman
saat dikonfirmasi, membenarkan pihaknya melakukan penahanan terhadap tersangka dugaan korupsi dana desa di Desa Madello, pada anggaran tahun 2016.

Penahanan dilakukan setelah pemeriksaan dengan pertimbangan karena dikhawatirkan yang bersangkutan melarikan diri, menghilangkan barang bukti dan mengulangi perbuatannya.

Disampaikan Andi Ardiaman, untuk kerugian negara akibat dugaan korupsi yang dilakukan tersangka sekitar  400 juta rupiah dari total anggaran dana desa yang didapat di tahun 2016 sekitar 2,1 miliar rupiah.

Dimana dalam melakukan aksinya, tersangka menggunakan dana untuk kepentingan pribadinya dan sebagian pembangunan fisik.

Tahap pertama disimpan dan dikelola sendiri oleh Kepala Desa dan ditahap kedua baru dikelola bendahara tapi tetap dikendalikan Kepala Desa,” ucap Andi Ardiman.

Tersangka sendiri sampai saat ini juga sudah melakukan pengembalian uang 150 Juta yang diduga menjadi kerugian negara,” ungkapnya.

Kemudian untuk barang bukti dalam kasus ini, sudah ada disita sejumlah dokumen yang ada kaitannya dengan kasus yang diproses pihaknya.

“Menurut Ardiaman setelah proses penyidikan ini selesai secepatnya akan dilimpahkan ke pengadilan untuk segera disidangkan,” tegasnya.

Penulis: Redaksi Barrupos.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed