oleh

Jaksa Tuntut, Mantan Kades Madello 2, 5 Tahun Penjara, Dugaan Korupsi 400 Juta

-BarruPos

BARRU POS — Mantan Kades Madello, AJ dan mantan bendara desa AU ditahan Kejaksaan Negeri Barru. Keduanya diduga terlibat tindak pidana korupsi dana desa sebesar Rp400 juta.

Kasi Pidsus Kejari Barru, Andi Ardiaman yang dihubungi via telepon, Rabu (15/01/2020) mengatakan mantan kepala desa madello, dituntut 2 tahun 5 bulan penjara, dan mantan bendahara desa madello, dituntut 1 tahun 5 bulan penajara.

Baca Juga  VIDEO: Pemerintah Utamakan Prinsip Kehati-hatian Tangani Pemulangan WNI

Lanjut Kasi Intel Kejaksaan Negeri Barru, Andi Ardiaman, meraka dikenakan pasal 3 UU No 31 tahun 1999 sebagaimana telah dirubah UU no 20 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi.

Penahanan terhadap tersangka AJ dan AU selaku bendahara dan mantan kades ini dilakukan setelah dilakukan pemeriksaan di Kejaksaan Negeri Barru oleh Jaksa penuntut umum, mereka ditahan dilapas Makassar.

Baca Juga  Hasnah Syam,Mars Tinjau Persiapan Ujian Seleksi CPNS

Kasus yang melibatkan dua tersangka ini, mantan kades dan bendaharanya, terkait penggunaan dana desa sebesar Rp 2,1 miliar.

Disampaikan Andi Ardiaman, untuk kerugian negara akibat dugaan korupsi yang dilakukan tersangka sekitar 400 juta rupiah dari total anggaran dana desa yang didapat di tahun 2016 sekitar 2,1 miliar rupiah.

Dimana dalam melakukan aksinya, tersangka menggunakan dana untuk kepentingan pribadinya dan sebagian pembangunan fisik.

Baca Juga  Suardi Saleh Pimpin Pelepasan Jenasah mantan Anggota DPRD Barru

Pada tahap pertama disimpan dan dikelola sendiri oleh Kepala Desa AJ sementara ditahap kedua baru dikelola bendahara tapi tetap dikendalikan oleh Kepala Desa AJ,” ucap Andi Ardiman.

Tersangka sendiri sampai saat ini sudah melakukan pengembalian uang 150 Juta kepada Negara yang diduga menjadi kerugian negara tapi itu tidak menghapuskan hukumannya,” ungkapnya.

Tim: Redaksi barrupos.com

Komentar

News Feed