oleh

JK Sarankan Indonesia Belajar dari China dan Jepang soal Teknologi

-Berita-900 views
Media Sosial

Barru Pos— Dilansir dari Balicitizen.com, Wapres Jusuf Kalla (JK) menyebut Indonesia masih tertinggal dari negara-negara lain di bidang teknologi dan inovasi. Untuk itu ia ingin agar Indonesia belajar dari Cina dan Jepang untuk mengejar ketertinggalan.

Baca Juga:  Bupati Barru Ajak Masyarakat Barru Dukung Hikam KDI 2019, di MNCTV
Baca Juga:  Karang Taruna Mengadakan Rapat Persiapan SKBKT Sekabupaten Barru

“Cina punya teknologi cepat, yakni meniru memperbaiki dan inovasi. Itu langkag yang dibuat Cina dan Jepang pada waktunya,” katanya dalam sambutannya di Harteknas, Denpasar, Rabu (28/8).

Menurutnya Indonesia tak bisa memulainya dari awal karena akan membutuhkan waktu yang lama. Maka meniru, memperbaiki, dan inovasi adalah jalan keluarnya.

“Memang tak ada negara yang maju karena inovasi sendiri. Teknologi itu merupakan sesuatu yg berkembang maka tak bisa dimulai dari nol dan terlalu lama,” katanya.

Baca Juga:  104 Capim KPK Ikuti Uji Psikotes

Inovasi, kata JK, harus bisa memberikan nilai tambah dari yang sebelumnya. Artinya mampu mmemberikan atau efisiensi daripada sebelumnya atau biaya lebih murah daripada sebelumnya atau waktu yang lebih cepat daripada sebelumnya. Juga yang lebih besar daripada sebelumnya.

“Ilmu pengetahuan teknologi berarti berarti semuanya harus berbicara IT tentunya. Tapi setiap inovasi yang dapat meningkatkan nilai tambah setiap usaha ilmu pengetahuan kebersamaan dan sebagauannya yang dapat memeberikan nilai yang lebih baik daripada sebelumnya,” katanya. Ari/Balicitizen

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed