oleh

Kades Barru Memasuki Persidangan Pemeriksaan Saksi Ahli dan Terdakwa di PN Barru

-Pemilu2019-1.423 views
Media Sosial

Barru Pos–Oknum Kepala Desa di Kabupaten Barru di Dakwa melakukan kampanye, anggota DPD RI melalui media sosial. Oknum Kades tersebut didakwa menyebarkan informasi dukungan terhadap salah seorang anggota DPD RI.

Jaksa Penuntut Umum, Diah Putri Kusumawardani,SH, mengatakan, Rabu (10/04/2019) agenda sidang terdakwa oknum Kades tersebut, sudah memasuki sidang pemeriksaan saksi Ahli dari Unhas, dan pemeriksaan terdakwa Kades Corawalie.

Penyidik Sentra Gakkumdu Kabupaten Barru menetapkan oknum Kades tersebut sebagai tersangka dalam kasus pidana Pemilu.

Tindakan yang dilakukan tersangka dinilai menguntungkan salah satu calon anggota DPD di 2019. Perkara yang menjerat Kades Corawalie sementara proses Disidangkan di Pangadilan Negeri Barru.

Akibatnya Oknum Kades tersebut terancam Hukuman Maksimal satu tahun penjara dan denda Rp 12 juta.

Oknum Kades tersebut disangkakan melanggar Tindak Pidana Pelanggaran Pemilu sebagaimana diatur Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017. Dalam Pasal 490 disebutkan:

Setiap Kepala Desa atau sebutan lain yang dengan sengaja membuat keputusan dan/atau melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu Peserta Pemilu dalam masa kampanye, dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan denda paling banyak Rp. 12.000.000,00 (dua belas juta rupiah).

Reporter: Sudirman

Baca Juga:  7 Kecamatan di Barru Mulai Gelar Perhitungan Suara Pemilu 2019 di PPK

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed