oleh

Kekeringan, Puluhan Hektar Sawah Gagal Panen di Barru

-Ekonomi-1.390 views
Media Sosial

Barru Pos–Karena kekeringan, puluhan hektar sawah tadah hujan Dusun Banga-bangae, Desa Anabanua, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, gagal panen. Sementara satu-satunya sungai kecil sebagai pembantu pengairan juga kering. Petani hanya bisa pasrah.

Sudah hampir satu bulan, hujan di Kabupaten Barru ini tak juga kunjung turun. Akibatnya, puluhan hektar sawah tadah hujan di Banga-bangae kekeringan. Padi di kawasan ini menguning terpaksa dipanen serentak.

“Puluhan hektar yang saya garap gagal panen, padi yang tertanam sejak tiga bulan terakhir ini sudah mulai berwarna kuning karena kering,” kata Lahasse, salah seorang petani di Banga-bangae, saat membersihkan sawahnya yang kering, Rabu (27/03/2019).

Kondisi ini membuat para petani resah. Selain hujan tak kunjung turun, bantuan dan solusi dari pemerintah pun tak juga tiba. Lahasse (53) petani di Banga – bangae, padi di lahan miliknya seluas kurang 48 are, mengalami penurunan penghasilan, “pada tahun tahun 2017 lalu masih bisa mendapatkan hasil panen 31 Karung dan tahun 2018 mendaptkan penghasilan 30 karung pada tahun ini tinggal 7 karung saja,” kata lahasse.

Ia menjelaskan di dusun banga-bangae ini luas sawah ada sekitar 50 HA yang gagal panen akibatnya 30 petani mengalami kerugian,” jelasnya.

Reporter : Sudirman

Baca Juga:  Kades Lampoko Apresiasi Terbentuknya Kelompok Kelompok Usaha Harapan UJP PLTU Bawasaloe

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed