oleh

Kembangkan Teknologi, Biopestisida Mengangkat Mutu dan Harga Panen Petani

-Ekonomi-1.177 views
Media Sosial
Kiri kekanan Andi parenrengi, Andi sidda, Agus cahyadi, Andi indra jaya Assa’ad (Foto :Andi Faisal/Barru Pos)

Barru Pos — Kementrian Kelautan dan Perikanan bersama dengan Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBAP 3) Kabupaten Maros mengadakan bimbingan teknis tentang biopestisida pada tanaman padi dan udang windu yang ramah lingkungan di Desa Lawallu, Kecamatan Soppeng Riaja, kabupaten Barru, Selasa 5 Maret 2019.

Dalam sambutannya, Andi Sidda, mengatakan perlunya pengetahuan masyarakat tentang biopestisida agar mereka bisa mengurangi pemakaian pestisida pada tanaman padi khususnya di Barru, dia juga memaparkan kalau salah satu program Gubernur Sulawesi Selatan adalah pengembangan udang windu.

Setelah membuka kegiatan bimbingan teknis Andi Sidda, menyampaikan harapan Bupati Barru kedepan untuk pengembangan program tanaman padi dan udang windu bebas pestisida,”terangnya.

Sementara pemaparan materi oleh Dr Sahabuddin, selaku riset sistem budidaya Padi dan Udang Windu, sedikit menceritakan berbagai hambatan yang terjadi di lapangan pada saat melakukam ujicoba penanaman padi yang digabungkan dengan udang windu tahap pertama.

Dilanjutkan uraian Dr Nafisah, dari Balai Besar Sukamandi Bogor tentang Performa Varietas Padi Toleran Salinitas, adapun maksud dari lahan bersalinitas adalah indikasi sejumlah garam yang berlebih dalam tanah,dia juga memaparkan varietas padi yang cocok ditanami dari berbagai jenis lahan dan perlu adanya pengujian adaptasi sebelum varietas dikembangkan.

Lain hal dengan Dr Sriwahyuni, dari Balai Penelitian dan Pengembangan Semarang menjelaskan tentang pemakaian pestisida nabati ramah lingkungan, dimana pemakaian pestisida yang tinggi dapat berbahaya bagi lingkungan,”katanya Dr Sriwahyuni.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan di wakili oleh Bidang Riset Perikanan Budidaya, Agus Cahyadi, Plt Kabalai (BRPBAP 3) Andi Indra Jaya Assa’ad, Ketua Pusat Unggulan Inovasi Udang Andi Parenrengi, serta Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Barru Andi Sidda, peserta yang hadir adalah penyuluh perikanan dan penyuluh pertanian dari Kabupaten Maros, Pangkep, Barru, Pare-Pare dan Pinrang.

Baca Juga:  Ingin Sinergitas, Forum LSM Barru Gelar Dialog Audiensi Dengan Bupati Barru

Reporter : Andi Faisal

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed