oleh

Komunitas Berseli Ajak Hidup Sehat dan Bebas Polusi

-Berita-507 views
Media Sosial

BARRU POS–Komunitas Berru Sepeda Lipat atau yang disingkat Berseli menyerukan kepada warga untuk hidup sehat dan bebas polusi dengan cara bersepeda. Komunitas yang resmi deklarasi pada 2 Februari 2020 ini mengkampanyekan Bike To Work atau bersepeda ke tempat kerja setiap hari jumat. Gerakan ini memang sedang ramai digaungkan di wilayah perkotaan.

Bersepeda sudah menjadi sebuah tren gaya hidup masa kini. Di negara-negara maju seperti Jepang mungkin hal ini bukan sesuatu yang baru. Jalur khusus sepeda di jalan raya telah disiapkan. Bagi mereka yang tidak membawa sepeda pun mudah menjumpai tempat penyewaan sepeda di berbagai tempat umum. Gaya hidup bersepeda juga mampu mengangkat destinasi wisata dengan cara kegiatan gowes di tempat wisata.

Komunitas Berseli juga rutin mengadakan kegiatan gowes bareng. Jadwalnya setiap hari selasa dan kamis sore. Selain itu, komunitas ini juga mengadakan Night Ride atau bersepeda di malam hari setiap malam ahad. Ini terbuka untuk umum tanpa melihat jenis sepeda. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengajak warga Barru hidup sehat dengan cara bersepeda. Sehatnya dapat, polusi udara pun ikut berkurang.
Mungkin selama ini, kehadiran kendaraan bermotor telah memberikan kemudahan dalam rutinitas. Tak ayal, jarak puluhan meter saja dijangkau dengan berkendara motor. Akhirnya, tubuh tidak lagi banyak bergerak. Apalagi mengeluarkan keringat. Hal ini justru berbahaya karena mengurangi pembakaran kalori dan bisa memicu penyakit.

Penggunaan kendaraan bermotor secara berlebihan juga menimbulkan polusi udara. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika ide Bike to Work digaungkan secara luas. Satu kali dalam sepekan bersepeda ke kantor mungkin bisa dilakukan. Tapi ini mesti melihat jarak juga ya. Bukan bagi yang jarak rumah dengan kantornya di kisaran puluhan kilometer. Walaupun di kota-kota besar sudah banyak komunitas yang terbiasa gowes puluhan kilometer.
Bagaimana wahai para netizen? Apakah Anda siap bersepeda ke kantor atau setidaknya bersepeda setiap sore dan memenuhi jalan-jalan di Barru dengan sepeda?

Baca Juga:  Tim Buser Polres Pangkep Berhasil Tangkap Pelaku Penganiayaan

Gaya hidup bersepeda yang lagi booming saat ini dapat menjadi penyemangat bagi para pesepeda. Apalagi dengan munculnya berbagai pilihan sepeda lipat saat ini. Sepeda yang bisa dilipat dan mudah dibawa ke mana-mana.
Bagi warga yang ingin bergabung dengan komunitas Berseli, syaratnya mudah, hanya dengan kepemilikan sepeda lipat. Bergabung bersama ratusan orang lainnya. Ikuti media sosial Berseli di Instagram dan Facebook.

Tapi bagi yang ingin mengikuti kegiatan bersepeda rutin selasa dan kamis sore serta malam ahad, boleh ikut apapun jenis sepedamu. Dan tentunya dengan tetap mengutamakan keselamatan di jalan. Mari hidup sehat dengan bersepeda!(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed