oleh

Komunitas Sedekah Jumat IBS/FGMC Peduli Konsisten Berbagi untuk Sesama

Media Sosial

BARRUPOS | BARRU – Komunitas Indahnya Berbagi Sesama (IBS) dan Forum Generasi Muda Corawali (FGMC) Peduli kembali berkeliling dengan blusukan sembari membawa Puluhan Paket Sembako untuk kamu dhuafa. Jum’at 30 April 2021

Kamaruddin Kasau dan beberapa kawannya menamakan diri Komunitas INDAHNYA BERBAGI SESAMA (IBS). Mereka sudah melakoni aktivitas itu hampir satu bulan. ”Dulu, waktu awal-awal, kami hanya membagikan 10- 20 Paket Sembako,” terang Kamaruddin.

Awalnya, Kamaruddin bersama Hj. Hasni Iskandar sebagai dewan penasehat IBS terinspirasi gerakan sosial yang mereka lihat di media sosial. Dari situ, timbul niat mereka untuk juga membantu sesama. ”Kami berpikir, kalau mereka bisa, kenapa kami nggak bisa?” ucapnya.

Sejak itu, Kamaruddin dan Hj. Hasni mulai bergerilya dan mengajak teman di FGMC untuk bergabung, respons yang datang begitu positif.

IBS semakin rutin membagikan agenda kegiatan paket Sembako di media sosial. Cara itu dianggap paling efektif untuk menggalang gerakan sosial tersebut.

Pemilihan Jumat bukan tanpa alasan. ”Hari Jumat itulah hari terbaik untuk berbagi. Kalau kami berbagi, pasti didoakan sama mereka. Itulah istimewanya,” tuturnya.

Begitu pula Sembako yang dibagikan. IBS punya pertimbangan Sembako dianggap sebagai bantuan yang simpel tetapi dibutuhkan dan bisa diterima siapa pun. ”Saat ini kami ingin istiqamah dulu untuk Sembako. Setelah sedekah Sembako ini mantap, baru kami pikirkan yang lain,” ujar Kamaruddin.

IBS tidak membatasi tempat untuk berbagi. Selama di tempat itu ada orang yang membutuhkan, disitu IBS akan turun. Pengemudi becak atau kaum duafa di jalan tidak luput juga dari perhatian.

Saat ini anggota IBS terdiri atas berbagai latar belakang. Ada yang pelajar, karyawan, hingga pengusaha. Namun, perbedaan latar belakang itu tidak menyurutkan tiap anggota untuk ikut ambil bagian.

Baca Juga:  Buka Raker Perwakilan RI, Presiden Ingin Dubes Fokus Diplomasi Ekonomi

Selain ajang sedekah, IBS juga menjadikan kegiatan itu sebagai sarana bersilaturahmi. Melalui kegiatan tersebut, teman-teman bisa berkumpul lagi. ”Ini tempat yang bagus untuk kami berbagi dan juga bersilaturahmi lagi,” tutur Kamaruddin.

IBS adalah salah satu di antara sekian banyak gerakan sosial di Barru. Melalui gerakan sosial seperti itu, kita bisa tahu bagaimana berbagi menjadi kebutuhan dasar manusia. Melalui mereka, Sebungkus Indomie pun menjadi berkah bagi yang menerima.

(Barrupos – Tim Media IBS)

Komentar

News Feed