oleh

KPLP SMA Islam Athirah 1 Makassar Digelar di Rindam XIV Hasanuddin

-Berita-774 views
Media Sosial

BARRU POS —Pramuka merupakan proses pendidikan yang dilakukan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar dan metode tertentu. Parmuka bertujuan mengenalkan siswa kepada alam lebih dekat dan membentuk kepribadian dan akhlak mulia generasi muda.

Sebagai upaya mengenalkan siswa lebih dekat dengan alam, SMA Islam Athirah 1 Makassar mengadakan kegiatan pramuka bertajuk Kemah Pengenalan Lingkungan Pramuka (KPLP). Kegiatan itu mengangkat tema “Mandiri dan Bermartabat Melalui Kegiatan Pramuka” dengan melibatkan seluruh siswa kelas X. Sejumlah 128 siswa mengikuti kegiatan itu yang dilaksanakan di lapangan Kompi Detasemen Latihan (Demlat) Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) XIV Hasanuddin jalan Poros Malino Km. 14 Pakkatto Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa.

Baca Juga:  KSPSI Barru Duga Banyak Pekerja Berasal dari Luar Daerah di PLTU
Baca Juga:  HUT Dinas Perpustakaan Kota Makassar

Kegiatan dimulai dengan pelepasan peserta di pelataran Sekolah Islam Athirah Makassar dipimpin oleh Kepala Departemen Hubungan Masyarakat, Mas Aman Uppi, S.Pd., M.Pd. Setelah itu peserta diberangkatkan dengan menggunakan 12 unit Bus Sekolah dan 6 unit kendaraan minibus. Kegiatan itu akan berlangsung selama dua hari (25-26/9/2019).

Ketua Panitia Sage Al Banna, S.Ag. M.Pd.I. menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan di markas TNI itu bertujuan membentuk karakter siswa yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“ada bererapa tujuan terkait dengan pelaksanaan pramuka ini, pertama adalah melatih jiwa kepemimpinan para siswa, melatih kedisiplinan siswa, membentuk karakter mandiri dan bermartabat, termasuk untuk meningkatkan ketaqwaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga dalam kesehariannya siswa dapat menerapkan nilai nilai kepramukaan ini” jelasnya saat ditemui di lokasi kegiatan.

Ia menambahkan “setelah kegiatan ini kita berharap ada perubahan dari sikap dan mental siswa, mencintai alam, mecintai negara, dan ketaqwaan kepada Allah semakin meningkat” harapnya.

Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd. juga ikut hadir dalam kegiatan tersebut ia mengatakan sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari itu karena sejalan dengan pencapaian jaminan mutu Sekolah Islam Athirah.

“kita sangat mendukung ya, kegiatan ini sangat positif, kegiatan ini juga sejalan dengan pencapaian jaminan mutu sekolah yaitu kepemimpinan, toleransi, dan kepedulian diri dan lingkungan” ucapnya sesaat setelah pembukaan.

Tawakkal berharap siswa dapat mengikuti kegiatan pramuka tersebut dengan semangat keikhlasan. Menurutnya, kegiatan tersebut juga juga semata-mata demi kebaikan siswa dalam hal pembentukan karakter dan kepribadian yang lebih dewasa.

Penulis: Sukri Muhammad
Reporter : Mudaksir Anci

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed