oleh

KPUD Barru Bersama Karang Taruna Kabupaten Barru Sosialisasi Rumah Pintar Pemilu

Media Sosial

Barrupos.com-Dalam rangka kunjungan sekaligus pengenalan Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang dirangkaikan dengan sosialisasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barru undang Karang Taruna Kabupaten Barru di Rumah Pintar KPU Barru Rabu 21 September 2022.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh 20 orang sesuai kuota peserta sebagaimana undagan KPU Barru nomor 386/PP.06.1-UND/7311/2022. Hadir diantaranya pengurus Karang Taruna kabupaten, kecamatan maupun desa yang ada di Kabupaten Barru.

Mudaksir salahsatu peserta dalam sesi tanya jawab mengeluarkan pendapatnya mengatakan dua yang harus dimiliki seorang penyelenggara pemilu atau KPU yakni kejujuran dan ketelitian

“Dua yang harus dimiliki seorang penyelenggara pemilu atau KPU yakni kejujuran dan ketelitian, ke dua hal itu berkesinambungan dan tidak bisa dipisahkan”,’ujarnya.

Mudaksir berpendapat bahwa KPU adalah kunci kesejahteraan warga/masyarakat sebagai penyelenggara dalam pemilihan pemimpin, kita temui masih ada beberapa orang yang golput atau tidak memilih dengan dasar tidak adanya perubahan dalam mensejahterakan kehidupan rakyat, sehingga hal itu perlu perhatian serius agar pemimpin nantinya bisa membawa perubahan yang lebih baik.

Sisi lain, Lilis Suryani kordinator Devisi koordinator pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat KPUD Barru mengulas Rumah Pintar Pemilu sebagai salahsatu sarana untuk pelaksanaan kegiatan pendidikan pemilih yang bukan hanya sekedar pemilu dan pilkada, tapi lebih pada bagaimana memahami demokrasi yang sesungguhnya.

“RPP adalah salah satu sarana untuk pelaksanaan kegiatan pendidikan yang diperuntukkan bagi masyarakat, Pendidikan pemilih dimaksudkan bukan sekedar sebagai memahami definisi dan pengertian tentang pemilu dan pilkada tetapi lebih pada bagaimana memaknai demokrasi sesungguhnya yang merupakan manifestasi dari kadaulatan rakyat, di sini rakyatlah yang berdaulat, rakyat Sepenuhnya penentu dalam memilih wakil-wakil rakyat”,’ungkapnya.

Baca Juga:  PC Sapma Barru Siap Kampanye Anti Kekerasan Anak, Stop Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Adapun materi yang disajikan di Ruang RPP lebih pada bagaimana memberikan edukasi ke masyarakat tentang pentingnya nilai-nilai demokrasi, sejarah pemilu, sistem pemilu, peserta pemilu dan dapil serta tampilan peroleh hasil partisipasi pemilih dari pemilu ke pemilu dan pemilihan ke pemilihan.

Reporter: M Rijal B Akmal

Komentar

News Feed