oleh

Latihan Kepemimpinan II Gappembar, Dr. Mas’ud Muhammadiah, M.Si Membawakan Materi

-Berita-61 views
Media Sosial

Barrupos.com, Latihan Kepemimpinan II diselengarakan Gappembar di Makassar selama tgl 11-18 September 2021.

Peserta terdiri atas mahasiswa berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta dan asal kecamatan yang ada di Kabupaten Barru.

Organisasi daerah (Organda) yang biasanya memawadahi pemuda dan mahasiwa, tidak memiliki sumber dana yang jelas (konkret). Hal ini mengakibatkan terjadi berbagai permasalahan lainnya, misalnya, lemahnya manajemen kesekretariatan sebuah Organda, seperti di Gabungan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Barru (Gappembar).

Demikian ditegaskan, Dr. Mas’ud Muhammadiah, M.Si, saat membawakan materi di depan peserta Latihan Kepemimpinan II Gappembar dilaksanakan di Makassar, Rabu, (15/09/2021).

Lebih lanjut Wakil Rektor 2 Unibos ini mengatakan, akibat lain dari kelemahan tersebut, maka penyelenggaraan program kerja organda mengalami banyak kendala. Selain itu, proses kaderisasi dan regenerasi umumnya tidak berjalan normal.

“Ujung-ujungnya peran strategis organisasi pemuda (Organda) tidak bisa termanfaatkan secara maksimal oleh pemuda itu sendiri,” tambah Mas’ud.

Jika hal tersebut tidak dapat berjalan baik maka peran aktif pemuda sulit juga diharapkan terlaksana. Tiga peran aktif pemuda itu, sebut Mas’ud, yakni adanya kekuatan moral pemuda, peran kontrol sosial, dan posisi pemuda sebagai agen perubahan.

Baca Juga:  Progres Capaian TMMD ke 107 Kodim 1405/Mlts Sudah 80 Persen

Komentar

News Feed