oleh

Lepas Shalat Jumat, Suardi Saleh Ajak Warga Kembangkan Rempah-rempah

Media Sosial

BARRUPOS.COM: BARRU – Dalam lawatannya ke Desa Bacu-Bacu, Kecamatan Pujananting, Bupati Barru bersama rombongan Pemerintah Daerah Kabupaten Barru serahkan bantuan bibit tanaman kepada Kelompok Tani Desa Bacu-Bacu, Jumat Sore (15/8/2020).

Desa Bacu-Bacu yang diantaranya meliputi Dusun Ammerung, Dusun Ampiri, dan beberapa Dusun yang berada di ketinggian sejajar dengan tempat wisata Lappalaona ini memang potensial untuk tanaman sejenis cengkeh ini.

Suasana yang asri, sejuk, dan hampir selalu diselimuti kabut, membuat wilayah ini cukup mendukung untuk ditanami pohon yang pada jaman dahulu pernah menjadi primadona di Eropa.

Bantuan untuk mengembangkan komoditas baru yang diharapkan menjadi unggulan di daerah yang memiliki kontur wilayah dan iklim yang sesuai ini, adalah harapan baru bagi masyarakat dalam jangka panjang, apalagi saat ini beberapa desa di wilayah pegunungan memang telah berhasil menanam dan memetik hasil dari tanaman sejenis, semisal kopi dan cengkeh.

Bupati Barru, mengharapkan, masyarakat petani di Kabupaten Barru khususnya di dusun Ampiri dan Ammerung memanfaatkan bantuan tersebut karena melalui komoditi perkebunan dapat meningkatkan pendapatan petani. Setidaknya dapat mengatasi kemungkinan gagal panen padi atau palawija serta dapat mengurangi urbanisasi.

“Saya harap Dinas Pertanian melalui Petugas Penyuluh Lapangan diharapkan terus melakukan pendampingan kepada para petani, mulai dari persiapan lahan, pertanaman hingga pemeliharaan agar tidak gagal tanam dan panen,” tegas Suardi Saleh.

Upaya tiada henti Bupati Barru, Suardi Saleh menyalurkan bantuan untuk peningkatan pendapatan masyarakat, khususnya petani disambut gembira.

Salah seorang anggota kelompok tani di Ammerung mengaku gembira dengan adanya bantuan bibit tersebut.

“Terima kasih bapak Bupati, bantuan bibit komoditi sudah lama kami usulkan, hari ini sudah diwujudkan,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barru, Ir. Ahmad, MM melaporkan, bantuan bibit dari Pemerintah melalui Dinas Pertanian, diserahkan kepada 4 kelompok tani penerima berdasarkan usulan CPCL sesuai potensi kelompok tani.

Bantuan bibit tersebut lanjut dia, bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani melalui peningkatan produksi di desa Bacu -Bacu sekaligus berfungsi untuk melestarikan lingkungan khususnya kawasan perkebunan.

Sebelumnya, Dinas Pertanian Barru telah menyerahkan bantuan bibit program tanaman bawang merah kesejumlah kelompok tani di kecamatan Pujananting dan kecamatan Balusu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed