oleh

Mantap! Bagian Transparansi, Pemkab Barru Jalani Audit Terperinci BPK RI

-Berita-312 views
Media Sosial

BARRU POS– Di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru tak menjadikan alasan untuk menunda diaudit atau diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, terkait pertanggungjawaban penggunaan anggaran.

Justru dengan memanfaatkan fasilitas teknologi, semua SKPD dan unit kerja bersedia dikakukan pemeriksaan terinci mengenai laporan keuangan tahun anggaran 2019.

Baca Juga:  Tahapan Awal Seleksi Calon Sekdes Corawali

Saat melakukan video conference dengan Kepala BPK dan Tim Pemeriksa KPK, Rabu (15/04/2020), Bupati Barru Suardi Saleh, menegaskan jika semua jajarannya berkomitmen mengikuti semua prosedur pemeriksaan terinci oleh Tim BPK.

Baca Juga:  Presiden Terima Laporan IHPS II Tahun 2019 dari BPK

“Pemerintah Kabupaten Barru telah melaksanakan kewajiban untuk menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah 2019 kepada Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan untuk dilakukan audit sejak tanggal 13 Maret 2020,” kata Suardi Saleh di ruang Barru Smart Information Center (Basic).

Baca Juga:  Wakil Ketua KNPI Barru, Duga Ada Tambang Batuan Trass di Luar Titik Kordinat

Bersama sejumlah pimpinan OPD dan unit kerja, Suardi Saleh yang didampingi Wakil Bupati Nasruddin AM dan Plh Sekda Abustan, menuturkan, meskipun pemeriksaan kali ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya dengan melakukan tatap muka secara langsung, namun bukan berarti esensi, kualitas atau objektifitas tak berjalan.

Baca Juga:  Dan Satgas TMMD 107 Bersama warga memperbaiki Jembatan

“Kami mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada bapak/ibu Tim Audit BPK RI yang akhirnya secara resmi melakukan pemeriksaan terinci terhadap LKPD Barru. Meskipun tentunya pertemuan ini tidak berjalan dengan tatap muka secara langsung sebagaimana biasanya. Namun, tentunya harapan kami tidak mengurangi esensi dan kualitas hasil yang diharapkan,” terang Suardi Saleh.

Sekadar diketahui, di tengah ancaman penyebaran Corona virus, BPK melakukan pemeriksaan terinci tahun ini melalui metode pemeriksaan desk audit dan teleconfrence selama beberapa hari kedepan.

Suardi Saleh menambahkan, pihaknya sangat merasakan betul dampak positif dari setiap hasil audit yang dilakukan BPK setiap tahunnya dalam mengelola dan mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran.

Baca Juga:  Menteri Perhubungan ke Barru Kunjungi Proyek Rel Kareta Api dan Ponpes DDI Mangkoso

“Pemeriksaan BPK yang berlangsung setiap tahunnya dengan rekomendasi tindak lanjut yang tertuang pada laporan hasil pemeriksaan, dirasakan telah membawa perubahan ke arah yang lebih baik terhadap kinerja pemerintah daerah secara umum,” paparnya.

Lewat pemeriksaan dan rekomendasi atau pendampingan dari BPK, lanjut dia, sekaligus telah membuka solusi tindak lanjut terhadap berbagai kendala dan permasalahan yang dihadapi.

“Semoga kondisi darurat yang dihadapi bangsa saat ini, tidaklah menjadi hambatan besar. Sehingga output dan outcome yang diharapkan tetap dapat terpenuhi dengan baik,” harapnya.

Baca Juga:  Peresmian Masjid Al Ikhlas Polres Pangkep yang dirangkaikan Buka Puasa Bersama

Sebelum mengakhiri rapat bersama dengan BPK, Suardi Saleh juga menginstruksikan kepada semua jajarannya agar memberi perhatian besar terhadap pemeriksaan terinci ini. Termasuk soal transparansi. Apalagi, pihaknya sudah membentuk tim yang bertugas mendampingi tim dari BPK memenuhi keperluan dokumen maupun kebutuhan lainnya.

Humas:  Diskominsta Barru

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed