oleh

MDA Ma’arif Kampung Baru Adakan Maulid Nabi SAW

-Berita-497 views
Media Sosial

PINRANG–Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Kampung Baru Kelurahan Palanro melaksanakan acara Maulid Nabi saw, Madrasah yang berdiri sejak 10 Maret 2014 ini sudah 4 kali adakan acara maulid Nabi SAW.

Sejak berdirinya Madrasah tersebut, diantara para Penceramah Maulid yang pernah mengisi acara di Madrasah tersebut diantaranya, bapak Ustadz Dr. H. Kamaruddin Hasan, M. Pd (Ketua STIA Al Gazali Barru), Dr. Irham Jalil, M. Ag (Kabag Kesra Barru), Prof. Dr. KH. Abd. Rahim Arsyad, M.A (Pimpinan Pondok Pesantren DDI ujung Lare Parepare), AG. KH. Lukmanul Hakim, Lc (Pimpinan Pondok Pesantren DDI Kabbalangan Kabupaten Pinrang.

Tahun ini kegiatan Maulid di MDA tersebut dihadiri oleh semua orang tua santri dan tokoh-tokoh masyarakat kelurahan Palanro, bahkan perwakilan dari unsur pemerintah setempat sempat hadir diantaranya adalah SEKLUR Palanro dan Staf Kantor camat Mallusetasi.

MDA yang memiliki jumlah santri yang cukup banyak dengan angka 94 orang berasal dari berbagai wilayah Mallusetasi, bahkan ada yang menimba ilmu di Madrsah ini, lokasi rumahnya cukup jauh seperti asal dari Siddo kec. Soppeng Riaja, bahkan ada santri yang asalnya dari Nepo yang setiap hari harus berjuang melewati jembatan gantung demi menuju ke Palanro.

Pembawa hikmah maulid kali ini adalah Anre Gurutta KH. Lukmanul Hakim, Lc beliau adalah Pimpinan Pondok Pesantren DDI Kabbalangan Kab. Pinrang, dalam dakwah beliau mengurai beberapa karakter yang dimiliki nabi Muhammad Saw, contohnya, beliau kutif kalimat dalam Barazanji “wakaana shollallahu alaihi wasallam syadidal hayaai wat tawadhu.

Artinya adalah nabi Muhammad Tinggi rasa malunya dan merendah hati, kata Anre Gurutta Lukmanul Hakim, nasbi itu “matanre siri, de mi nappakasiri-siri”, beliau juga pesankan, bahwa mari kita teladani nabi saw agar kita berada pada jalan yang lurus dan benar, contoh lain beliau sampaikan adalah “Mappau itu boleh naiyakia aja kapau-pau, Makkita itu boleh aja miha cakita-kita, Majjeppa itu boleh tapi aja kajeppa-jeppa” itu salah satu yang dimiliki nabi Saw.

Baca Juga:  Empat Pasangan yang Digadang Akan Maju Pilbup Barru 2020

Pimpinan MDA Kampung Baru bapak MUHAMMAD FADLI ALIMUDDIN, dalam sambutannya juga beliau mengajak kepada semua pihak agar saling bersinergi agar dapat menciptakan perubahan sosial demi kemasalahatan ummat, dan sejatinya kita peduli pada sektor pendidikan anak usia dini khususnya pada bidang keagamaan dan budaya kearifan lokal setempat.

Kata Muhammad Fadli, Madrasah seharusnya produktif dalam melahirkan alumni-alumni terbaik yang siap pakai divmasa akan datang, dengan bekal keagamaan yang dimiliki dapat mencerahkan di tengah-tengah masyarakat.

Penulis : Maghfirah Nur Amalia
Reporter : Mudaksir Anci

Komentar

News Feed