oleh

Mendagri: Ada Lho Gubernur dan Bupati Hampir Tiap Minggu Izin ke Luar Negeri

-Berita-1.028 views
Media Sosial

Barru Pos, Jakarta— Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengeluarkan surat edaran berupa Standar Operasional Prosedur (SOP) pengajuan permohonan izin dinas ke Luar Negeri. Surat Nomor 009/5545/SJ itu ditujukan untuk seluruh kepala daerah termasuk bupati dan wali kota di seluruh wilayah di Indonesia.

Surat itu tak sembarang dikeluarkan, tetapi punya maksud dan tujuan.

“Ada lho gubernur hampir tiap minggu izin ke luar negeri, ada,” jelas Tjahjo saat menghadiri acara di JCC, Senayan, Jakarta, Senin, 22 Juli 2019.

“Kalau kita enggak diizinkan, ya, salah. Namanya cari ilmu, namanya undangan. Tapi kalau diizinkan, ya, kok tiap minggu, itu saja,” tambah dia.

Tjahjo mengatakan pihaknya menerbitkan surat tersebut lantaran ada sejumlah kepala daerah yang tak mengajukan izin ke Kemendagri sebelum melakukan dinas ke luar negeri.

“Dasarnya, ada juga beberapa kepala daerah yang asal pergi. Asal pergi tidak mengajukan izin, kan enggak enak. Kami ditanya Bapak Presiden,” kata Tjahjo.

Menurut dia, dalam aturan itu pengajuan izin ada interval 10 hari proses pengajuan izin.

“Itu supaya interval waktu ada proses ketentuan, aturannya diproses, semuanya diatur di Undang-Undang Pemda, bukan karangan saya, (itu) rinci (ada) di aturan pemda,” ujarnya.

“Sehubungan dengan hal itu, kiranya permohonan izin perjalanan dinas luar negeri oleh pemerintah daerah diajukan kepada Kementerian Dalam Negeri 10 hari sebelum keberangkatan ke luar negeri,” tutur Tjahjo.

(Sumber Kumpara.com)

Baca Juga:  Presiden Jokowi: Proses Pemilu Harus menjadi Pembelajaran bagi Kita Semua

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed