oleh

Meraih Keberkahan Bulan Rajab, Barru Mengaji Laksanakan Kajian Tauhid

-Agama-5 views
Media Sosial

Barrupos.com, Tahun hijriyah merupakan kalender yang digunakan umat Islam menghitung putaran bulan untuk rutinitas keagamaan seperti puasa ramadahan, haji, dan acara keagamaan lainnya.

Berbicara tentang kalender hijriyah umat Islam baru saja memasuk 1 Rajab 1442 yang bertepatan dengan 13 Februari 2021. Bulan rajab merupakan salah satu bulan yang dimuliakan diantara 12 bulan yang ada di kelender Hijriyah.

Seperti yang di jelaskan dalam Q.S. At-Taubah ayat 36 Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.


Bertepatan dengan 13 Februari 2021, Barru Mengaji telah melaksanakan kegiatan “Kajian Tauhid” yang bertemakan Meraih Keberkehan Bulan Rajab. Kajian ini disampaikan oleh ustadz Muahmmad Agus, S.TH.I, M.TH.I yang dilaksnakan secara online melalui via zoom yang dihadiri 78 peserta.

Sebagai pengantar beliau menyampaikan bahwa, manusia diciptakan untuk beribadah, tujuan hidup manusia itu untuk beribadah dan seharusnya saat manusia sudah tidak beribadah artinya dia sudah kehilangan tujuan hidupnya.
Seseorang tidak hanya wajib beribadah tetapi juga harus cerdas dalam beribadah, di mana ia mampu memanfaatkan ketika berada di tempat dan waktu mulia dan salah satu waktu mulia itu ada dibulan Rajab.

Seperti yang di jelaskan dalam Q.S. At-Taubah ayat 36 bahwa ada 4 bulan haram (bulan yang dimuliakan ) yaitu bulan Dzulkaida, Dzulhijja, Muharram, dan bulan yang berada setelah bulan Jumadil Akhir dan sebelum bulan Sya’ban yaitu bulan Rajab. Ungakap Ustadz Muahammad Agus.

Baca Juga:  Akhir Tahun Pemkab Barru, Gelar Zikir dan Doa Serta Shalat Tahajjud Berjamaah


Sri Mulyani mengatakan setelah mendengakan kajian ada banyak pelajaran yang mampu kita petik pada malam hari ini salah satunya adalah meraih keberkahan di bulan Rajab.Sesuai tema kajian. Mulai meningkatkan Ibadah dengan amalan di bulan Rajab dengan memperbanyak taubat dengan istigfar dan berpuasa. Alangkah berkahnya kita meningkatkan ibadah di bulan Rajab karena setiap amal akan dilipat gandakan. Namun berhati-hatilah dalam bertindak jangan sampai kita menjadi orang merugi karena tidak hanya pahala yang dilipatgandakan tetapi juga dosa dari kemaksiatan.


Bila engkau rindu ramdhan maka buktikanlah kerinduan itu dengan penantian mu dengan memperbanyak doa di bulan Rajab, mulai dengan memperbanyak ibadah, mendatangi masjid dan mulai istiqomah membaca Al-Qur’an. Ucap Ust. Muhammad Agus, S.Th.I, M.Th.I sebelum mengakhiri kajiannya.

Sumber : Ainul Mardhia Maulia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed