oleh

Opini : Aku dan Ide Untuk Barru

-opini-104 views
Media Sosial

Barrupos.com, Mengingat Krisis sumber daya manusia terutama dalam krisis karakter merupakan tantangan yang cukup besar di kota kita ini. Karena pendidikan lebih kepada hal-hal yang teknis pragmatis berorientasi pada hasil atau manfaat atau kegunaan daripada yang lebih mendasar yakni pendidikan yang merupakan proses pemanusiaan dan pembudayaan.

Praksis pendidikan lebih kepada kepentingan kapital yang tidak manusiawi. Praksis pendidikan yang demikian akhirnya melahirkan sikap-sikap negatif terhadap generasi kita. Seperti yang kita ketahui bahwa fakta-fakta sosial meliputi bagaimana cara bersikap, berfikir, dan merasa. Dengan demikian dalam masyarakat dengan berbagai ukuran ruang lingkup maupun jenis, seperti sekolah, kantor, lingkungan RT, dan RW.

Struktur adalah institusi yang menetapkan peraturan, komitmen, bahasa, adat kebiasaan, norma, nilai, hukum dan moralitas yang mengikat anggota-anggotanya, yang apabila norma, nilai dan hukum itu dilanggar akan menyebabkan pemberian sanksi atau setidaknya akan ada perlawanan dari struktur, maksud dari struktur itulah yang mendefinisikan tentang fakta-fakta sosial itu sendiri. Selain itu, Praktek-praktek agama atau sekuler yang terkandung dalam norma dan lembaga juga merupakan contoh fakta sosial dalam bentuk baku dari kelompok praktik yang diambil secara kolektif.

Oleh karena itu, suatu hal yang perlu adalah suatu ide mengenai penanaman pendidikan karakter kepada seluruh Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Barru dengan memanfaatkan permainan-permainan tradisional Bugis yang memiliki Makna sifat sipakatau, sipakalebbi, sipakainge,
Karena pengembangan karakter tumbuh dan berkembang dari nilai-nilai tradisi yang luhur sehingga berpotensi menjadi katalisator pengembangan karakter.

Penulis : Auliah Nugraha Mursyidah

Reporter : M. Rijal

Baca Juga:  Isu (De) Radikalisasi Adalah Pertunjukan "Abal-Abal"

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed