oleh

Opini : Barru Hidup Bersama Ide dan Harapan

-opini-91 views
Media Sosial

Barrupos.com, Memparafrasekan suatu ungkapan yang pernah ditulis oleh sastrawan termasyhur Pramoedya AnantaToer, bahwa ” Hidup tanpa harapan seperti mayat yang berjalan (nihil/kosong)”.

Pada aku dan ide terdapat harapan yang seyogyanya menjadi alasan kenapa kita hidup di lingkungan Masyarakat yang mejadi pembeda dari mahkluk hidup lainnya yang hanya memikirkan kebutuhan biologisnya masing-masing.

Pada kita yang diberikan anugrah keistimewaan akal oleh yang Maha Kuasa, Tuhan seluruh Alam kiranya harus menjadi alasan rasa syukur bagi kita terutama dan terkhusus generasi pembelajar untuk melihat suatu perkembangan zaman dari setiap sisi kehidupan.

Pada Barru yang kita cintai wajiblah ide selalu hidup untuk menebar kebaikan dan keindahan, seperti salah satu asma Allah dalam Asmaul Husna yakni “Al-Bar” itu jugalah alasan asal nama Barru ta’ semua.

Peningkatan sektor pariwisata kabupaten Barru sangatlah bergantung pada potensi Alam, ketergantungan tersebut tidak hanya bisa dilihat pada seberapa banyak Destinasi Wisata yang sudah mampu dihadirkan tapi seberapa banyak Masyarakat Barru yang mampu disejahterakan tentu dari sisi Ekonomi, tak hanya sampai di situ hal terpenting lainnya adalah seberapa banyak pengunjung baik lokal atau luar daerah bahkan jika perlu manca negara yang semakin menikmati betul keindahan Barru.

Merawat dan tetap menjaga kebersihan lingkungan bukan lagi hal yang sama sekali baru, problem tersebut sangat tergantung kepada pengelolaan dan kerjasama yang baik. Barru dari sektor pariwisata yang sangat perlu Ide pengembangan, partisipasi dan kontribusi masyarakat, pemuda serta pemerintah setempat adalah hal sangat penting. Lebih lanjut untuk sesegera mungkin bermitra dengan cara proporsional agar setiap hal kecil sekalipun selalu terbangun oleh komunikasi yang baik.

Baca Juga:  Penguatan Nasionalisme dan Islam Nusantara


Jika melihat beberapa sektor pariwisata yang ada di kabupaten Barru sekiranya dengan kerjasama yang baik sesama pemerintah, masyarakat dan terutama pemuda merupakan suatu hal yang tidak lagi sulit untuk mensejahterakan Masyarakat salah satunya melalui aktivitas UMKM yg telah di buka dan disediakan oleh pemerintah terutama keterlibatan BUMDES pada setiap desa/kelurahan yang memiliki Destinasi.


Menggunakan pendapatan daerah untuk membangun semaksimal mungkin untuk menambah daya tarik dan keindahan setiap sektor pariwisata, dengan manajemen Perputaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang baik tentu akan membuat sektor pariwisata kedepan semakin mandiri apalagi melihat dari beberapa tempat wisata yang ada sudah ada penanggung jawab masing-masing. Sehingga jika tahap tersebut sudah terpenuhi orientasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) selanjutnya beralih ke bidang yang lain atau memprioritaskan yang lainnya tujuannya juga untuk mensejahterakan Masyarakat Kabupaten Barru secara umum.

Penulis : Akbar

Reporter : M. Rijal

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed