oleh

Pandangan Sekum PMII Cabang Barru Terkait Kebijakan Menangani Corona

-Berita-225 views
Media Sosial

BARRU POS–Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia cabang Barru, melalui keterangan Zakaria Wahid selaku sekum cabang Barru, mengatakan bahwa dana pemerintah sebesar 405,1 Triliun untuk penanganan pandemi virus Corona (COVID-19) sepertinya akan mudah mengundang praktek korupsi.

Menurut pemerintah ada 3 sasaran prioritas pada dana tersebut salah satunya untuk perlindungan tenaga kesehatan, terutama pembelian alat pelindung diri (APD), pembelian alat-alat kesehatan seperti test kit, hand sanitaizer, dan lain-lain, Pelindung tenaga kesehatan ini akan dibagikan di 34 Provinsi di 132 Rumah sakit rujukan pasien corona.

Selain pemerintah pusat yang mengucurkan dana dengan APBN nya, Pemerintah di berbagai daerah pun juga tidak mau ketinggalan untuk mengucurkan anggaran dari APBD, Semua ini sudah pasti untuk niat baik namun kita semua harus benar-benar mengawasi jangan sampai ada ruang modus dan kesempatan korupsi yang bisa dilakukan secara bersama-sama.

Ada beberapa sektor anggaran yang juga perlu diawasi yang pertama anggaran Dana Desa yang seyogyanya untuk pembangunan infrastruktur direalokasikan untuk penanganan covid-19 tingkat desa. kedua, sejumlah daerah yang akan menggelar pilkada sudah mulai mengusulkan untuk merealokasikan anggaran Pilkada 2020 untuk penanganan Covid-19.

Dari Pengadaan Barang hingga realokasi anggaran, Menurut kami akan mengundang potensi korupsi, di antaranya berupa persekongkolan atau kolusi dengan penyedia barang/jasa, menerima uang pelicin, penyuapan, dan gratifikasi. Jangan sampai pasca pendemi corona ini banyak kepala daerah kita yang diciduk oleh KPK.

“Untuk itu kami mendorong keterlibatan Kejaksaan dan Jajaran Polri dalam hal ini Tingkatan Polda, Polres dan Polsek di seluruh Indonesia untuk melakukan pengawasan dan pendampingan sehingga percepatan penanganan virus Covid-19 dilakukan secara efektif, transparan dan tepat Sasaran”ujar sekum PMII cabang Barru.

Baca Juga:  Lima Instruksi Presiden Jokowi untuk Polri di HUT ke-73 Bhayangkara

Reporter : Mudaksir Anci

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed