oleh

Bawaslu Barru Telusuri Informasi Caleg Terpilih Gunakan Ijazah Palsu

Media Sosial

 

Barrupos.com,Barru-Isu adanya calon legislatif (caleg) terpilih anggota DPRD Barru yang menggunakan ijazah palsu ditanggapi serius oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat dengan melakukan penelusuran serta menindaklanjuti informasi tersebut.

Sebagaimana laporan dari Gerakan Revolusi Makassar yang menemukan ada beberapa ijazah yang tidak terdaftar berdasarkan hasil penelusuran sistem Forlap Dikti.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Barru Muhammad Nur Alim saat di konfirmasi via Whatssapp terkait hal tersebut, mengaku sudah menerima laporan kaitan dengan adanya dugaan calon legislatif (caleg) terpilih yang menggunakan ijazah palsu.

“Betul kami menerima surat terkait hal tersebut.kami sementara mempelajari,dan berkosultasi dengan Bawaslu,”ungkap Nur Alim Ketua Bawaslu Barru.

Ketika di tanya lebih lanjut terkait apakah pencalonan yang bersangkutan melibatkan beberapa pihak, beliau mengatakan kami belum sampai kesana, kami akan pelajari kasusnya.

Di tempat terpisah Praktisi Hukum Ricky Irvandi, SH menyatakan, soal bakal caleg menggunakan ijazah palsu Bawaslu  tak segan-segan membuat rekomendasi untuk membatalkan caleg tersebut.

 

Kalau ditemukan dugaan ijazah palsu, maka harus dilakukan pembuktian, jika terbukti maka akan bisa rekomendasikan pembatalan dan itu bisa berujung pada pidana.

 

Alumni Fakultas Hukum UMI ini mengatakan, pemalsuan ijazah termasuk pemalsuan dokumen negara, institusi pendidikan yang tentunya termasuk salah satu tindak pidana umum.

 

“Yang berhak mengatakan itu palsu atau tidak ya pengadilan, maka ini perlu diproses melalui penegakan hukum jika memang terbukti.,” kata Ricky.

Reporter : Ilham

Baca Juga:  Forum Anak Barru Berhasil Mengumpulkan Donasi dalam Sepekan Kurang Lebih Rp 108.000.000

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed