oleh

Panwaslu Kec.Balusu membuka Pendaftaran Pengawas TPS

Media Sosial

BARRUPOS.COM: BARRU- Panwaslu Kecamatan Balusu memanggil Masyarakat yang memenuhi syarat sebagai pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kab.Barru tahun 2020, dimana pengumuman tersebut dimulai pada tanggal 30 September sampai 2 Oktober 2020.

Berdasarkan peraturan badan pengawas pemilihan Umum Republik Indonesia nomor 19 tahun 2017 sebagaimana diubah terakhir dengan peraturan badan pengawas pemilihan umum republik Indonesia nomor 8 tahun 2019 bahwa, Bawaslu membuka kesempatan bagi warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai Calon pengawas TPS (PTPS).

Kurnia, S.Sos (Kordiv SDM dan Organisasi) selaku Ketua Pokja pembentukan PTPS panwaslu Kecamatan Balusu, saat di temui di Sekertariat Panwas Kecamatan Balusu Sabtu 3/10/20 mengatakan bahwa “Adapun Syarat-syarat bagi pendaftar pengawas TPS yaitu, warga negara Indonesia,pada saat pendaftaran berusia paling rendah 25 tahun,mempunyai integritas,berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas atau sederajat,pendaftar diutamakan berasal dari kelurahan/Desa setempat,surat Keterangan berbadan sehat dari Puskesmas atau Rumah sakit dan Bersedia untuk melakukan Rapid test.”Tuturnya.

Lanjut Kurnia “untuk lebih jelas Persyaratan serta berkas formulir yang harus disiapkan oleh calon anggota pengawas TPS dapat diambil di Sekretariat Panwascam Balusu. Adapun tahapan dalam perekrutan Pengawas TPS pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barru tahun 2020 adalah sebagai berikut:
-30 September sd 20 Oktober pengumuman pendaftaran.
-3 Oktober sd 15 Oktober pendaftaran, penerimaan dan penelitian administrasi dan wawancara.
-16 Oktober pengumuman perpanjangan masa pendaftaran.
-20 Oktober sd 26 Oktober pengumuman perpanjangan masa pendaftaran dan penerimaan berkas, penelitian administrasi dan wawancara.
-28 Oktober sd 3 November pengumuman hasil seleksi Calon pengawas TPS dan penyampaian, Tanggapan dan masukan dari Masyarakat.
-4 Oktober sd 6 Oktober klarifikasi atas tanggapan masyarakat dan pleno Penetapan Panwaslu kecamatan tentang Panwas TPS terpilih.
-11 Nopember pengumuman pengawas TPS terpilih.
-16 November Pelantikan”.jelasnya.

Baca Juga:  Cegah TKI Ilegal, Hasnah Syam Gandeng BP2MI Sosialisasi Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri

Sedangkan Darlia, S.Sos selaku sekretaris Pokja mengatakan, Pengawas TPS dibentuk 23 hari sebelum hari pemungutan suara dan dibubarkan 7 hari setelah hari pemungutan suara, jadi masa kerjanya selama 30 hari

Ketua Pokja Pembentukan PTPS Panwaslu Kecamatan Balusu, Kurnia, S.Sos berharap “Pengawas TPS yang terpilih nanti nya adalah sosok yang memiliki INTEGRITAS, menjunjung profesionalisme dan bekerja secara tuntas, nantinya pengawas TPS yang trpilih ditugaskan di 48 TPS wilayah Kecamatan Balusu”.

Tim Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed